Perangkat Keras Komputer
halo sobat anggabays, kali ini saya akan share atau berbagi tentang perangkat keras komputer atau biasa disebut dengan hardware. ini materi yang saya rangkum dari buku TIK kelas 7 kalo nggak salah soalnya saya lupa. oke langsung kepembahasan nya ya....
RINGKASAN MATERI
A.Perangkat keras
computer
Sesuai
dengan namanya,perangat keras atau hardware adalah perangkat komputer yang
dapat kita lihat dengan mata (berwujud). berdasarkan fungsinya,praangkat keras
ini dikategorikan menjadi 3 jenis, yaituperalatan masukan (input device),alat
pemroses,dan alat keluaran(output device).dapatkah kamu menyebutkan alat-alat komputer
yang termasuk perangkat keras?perangkat keras komputer adalah alat-alat
komputeryang dapat dilihat dan disentuh.Empat komponen utama sebuah
systemKomputer adalah alat masukan (input device), alat pemroses (processing
device),alat penyimpanan (storange device,dan alat keluaran (output device).
Input dan outputdevice di kelompokkan dalam satu bagian yang disebut
pheripheral yang terletak diluar casing komputer. Processing device dan
storange devicedikelompokkan sebagai komputer dan biasanya terletak dalam
casing utama komputer.
1.alat masukan (input
device)
Apa
yang kamu gunakan untuk memasukkan data atau tulisan kedalam
komputermu?tentukamu akan memakai keyboard bukan?keyboard merupakan salah satu
alat masukan (input device).input device berfungsi sebagai media masukan data
diluar system kedalam memori dan processoruntuk diolah dan menghasilkan
informasi yang diperlukan. Berikut adalah alat-alat yang termasuk alat masukan
komputer . pernahkah kamu mendengar istilah peripheral? Istilah ini sering
terdengar dalam pembahasan perangkat keras komputer . peripheral merupakan
istilah yang sering digunakan untuk menyebutkan alat tambahan pada komputer .
secara sederhana peripheral ada;ah perangkat-perngkat keras yang dapat ditambah
ke PC untuk meningkatkan kemampuan system komputer . alat tambahan ini
digunakan dalam beberapa jenis perangkat keras komputer, yaitu dalam perangkat
masukan (input device),perangkat penyimpanan data (memory),perangkaat pengolah
data (processor),dan perangkat keluaran (output device). Apa saja perangkat
masukan yang sering digunakan ?
Perhatikan
pembahasan berikut.
a.Perangkat Masukan
perangkat
masukan atau input device berfungsi untuk memasukkan data , baik berupa teks ,
foto , maupun gambar kedalam komputer. Contoh perangkat input misalnya
keyboard,mouse joystick, scanner, dan sebagainya .
1)
Keyboard
Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data
maupun perintah ke CPU , biasanya berupa rangkaian huruf , angka dan tombol
fungsi lainnya. Keyboard berasal dari bahasa inggris yang artinya papan ketik.
Keyboard terdiri atas tombol –tombol
berbentuk kotak dengan huruf , angka ,atau sinbol yang terletak diatasnya. Keyboard
biasanya terbagi atas tiga bagian, yaitu function keys (tombol fungsi), type
writer (tombol huruf,angka,tanda baca)Dn numeric keypad (tombol angka dan tanda
baca yang berfungsi sebagai kalkulator),serta control keys (tombol ini
menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar). Dalam beberapa system operasi,
apabila 2 tombol ditekan secara bersamaan, akan muncul fungsi khusus atau
pintasan yang telah diatur sebelumnya.
Saat ini banyak inovasi yang dilakukan dalam
merancang bentuk keyboard,tentu saja tanpa mengurangi fungsi utama keyboard.
Seperti keyboard jenis poldable. Keyboard jenis ini terbuat dari plastik lembut
yang dapat digulung dan dilipat sehingga dapat dibawa kemana pun pergi.
Keyboard jenis ini juga lebih tahan air disbanding keyboard biasa.
Tahukah kamu fungsi dari setiap
tombol yang terdapat pada keyboard? Berikut akan dijelaskan beberapa fungsi
dari tombol-tombol pada keyboard.
v Tombol
ALT berfungsi jika penggunaanya
dipasangkan dengan tombol lainnya. Misalnya dengan tombol F4 yang berguna untuk
ShutDown atau menutup Windows program yang sedang aktif.
v Tombol
CTRL akan berfungsi bila penggunaanya dipasangkan dengan tombol
lainnya.misalnya dengan tombol C atau
disebut juga CTRL+C akan berguna untuk
menyalin satu objek yang ditunjuk kedalam keyboard, yang nantinya dapat
disalinkan pada area kerja yang ditentukan dengan menggunakan CTRL +V.
v Tombol F1-F12 adalah tombol fungsi yang
pemaanfatannya disesuaikan dengan system operasi atau aplikasi. Misalnya, F1
biasanya digunakan untuk menamoilkan menu help yang akan memberikan penjelasan
mengenai aplikasi yang sedang berjalan.
v Tombol
ESC (Escape)adalah tombol yang digunakan untuk membatalkan atau keluar dari
suatu perintah atau menu.
v Tombol
Enter adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilhan tombol OK, yaitu untuk menyatakan bahwa
operasi yang dilakukan betul dan selesai. Enter juga dapat berarti menyisipkan
baris kosong atau baris baru pada program pengolah kata.
v Pada
window dialog, menekan tombol TAB berarti pindah ke field atau daerah isian
atau pilihan berikutnya. Pada saat proses pengetikan, TAB berarti lompat ke penghentian
TAB (tab-stop) terdekat.
v Tombol
arah/kursor berfungsi menggerakkan penunjuk karakter (kursor) sesuai arah anak
panah bersangkutan.
v Berguna
pada saat proses pengetikan. Menekan tombol backspace akan mengakibatkan
karakter( huruf) sebelah kiri kursor terhapus.
v Berguna
pada saat proses pengetikan. Menekan tombol delete akan mengakibatkan karakter
(huruf)disebelah kanan atau ditempat dimana kursor berada akan terhapus.
v Berguna
pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Home akan mengakibatkan ke awal
baris dimana kursor berada.
v Menekan
tombol End akan mengakibatkan kursor berpindah ke akhir baris dimana kursor
berada.
v Berguna
pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Page Up akan mengakibatkan kursor
berpindah keatas sejauh satu layar dari kursor berada.
v Berguna
pada saat proses pengetikan.menekan tombol Page Down akan mengakibatkan kursor
berpindah sejauh satu layar dari kursor berada.
Light
pen merupakan alat yang berbentuk bolpoint yang berfungsi sebagai memberikan
input pada komputer dengan cara
menyentuh layar monitor. Teknologi ini lebih teliti dari pada layar sentuh.
Dengan alat ini , operator komputer
dapat memilih item atau memilih perintah pada layar (seperti klik pada
mouse) dengan cara menjepit sisi-sisi light pen tersebut atau dengan menekan pada layar.
3) Layar sentuh (touch screen)
Layar sentuh merupakan layar monitor
yang didesain atau dimodifikasi untuk dapat mengenali sentuhan pada
permukaanya. Dengan menyentuh layar, pengguna dapat memilih operasi atau
memindahkan kursor. Layar sentuh kurang cocok jika digunakan pada komputer
pribadi (personal komputer) karena pengguna harus sering-sering mengangkat
tangannya menyentuh monitor.
4) Mouse
Mouse adalah alat penunjuk yang
digunakan untuk mengatur posisi kursor di layar. Jika mouse digeser di bidang
datar, kursor di layar akan bergeser sesuai dengan arah dari pergeseran mouse. Pada
program pengolah data, mouse digunakan untuk menempatkan insertion point dengan
cepat pada teks. Mouse juga digunakan untuk memilih icon-icon dalam menjalankan
perintah-perintah. Mouse bekerja dengan menangkapgerakan menggunakan bola yang
menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak
menggunakan bola lagi, tapi menggunakan sinyal optikal untuk mendeteksi
gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel,baik
yang berbasis radio,sinar inframerah,maupun Bluetooth.
Saat
ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan mouse memakai system laser sehingga
resolusinya mencapai 2.000 titik per inci(dots pers inch), bahkan ada yang
dapat mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya, mouse semacam ini diperuntukkan
bagi penggemar permainan video
Joystick adalah alat masukan komputer yang
berwujud tuas. Alat ini dapat bergerak ke segala arah. Alat ini juga dapat
mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Pda umumnya,
joystick digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan videoyang
dilemgkapi dengan lebih dari satu tombol. Sebenarnya alat ini dapat digantikan
dengan mouse atau keyboard. Joystick berfungsi mengarahkan atau mengatur
gerakan kursor di layar komputer. Joystick biasanya digunakan untuk program permainan (game).
Namun, menggunakan joystick pada permainan
simulasi akan terasa lebih seru dan menyenangkan karena akan memancingmuuntuk
ikut bergerak. Selain untuk mengontrol permainan video, joystick juga banyak
diimplementasikan pada mesin lain, seperti pada kursi roda bermotor dan truk.
Scanner
merupakan alat bantu untuk memasukkan data berupa gambarantau grafik dan
mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan
bentuk data yang berupa teks. Cara kerjanya adalah dengan menempatkan sebuah
objek diatas kaca scanner. Scanner akan meraba secara elektronik masukan yang
akan dibaca.scanner menggunaka optikal data reader sebagai alat pembaca yang
mampumembaca langsung data dari kertas biasa berupa grafik, gambar, maupun
tulisan. Scanner fungsinya mirip denga mesin fotokopi. Mesin fotokopi hasilnya
dapat kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar
monitor dahulu,kemudian baru dapat diubah dan dimodifikasi sehingga hasilnya
menjadi bagus. Selanjutnya hasil tersebut dapat disimpan sebagai file
text,dokumen, dan gambar. Data yang telah diambil dengan scanner itu dapat
dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII.
Scanner juga dikenal dengan nama pemindai.
7) kamera digital DAN handycam
saat ini perkembangan kamera digital sangat
maju. Hampir setiap orang menggunakan kamera digital karena praktis dan dapat
memuat ratusan foto. Kamera digital juga dapat merekam film dengan durasi
pendek. Hasil foto dan film dari kamera digital dapat kamu masukkan kedalam
komputer untuk dicetak atau diolah. Untuk merekam film dalam waktu yang lama,
kam dapat menggunakan Handycam. Hasil rekaman dari Handycam dapat ditrasfer
kedalam bentuk VCD/DVD dengan bantuan komputer.
Digitalizer
Graphics Tablets digunakan untuk menggambar grafik secara elektronik. Alat ini
biasa digunakan oleh para desainer untuk memerlukan gambar elektronik secara
cepat dan akurat.
gimana guys, kalo bermanfaat bisa berbagi dengan temannya ya terima kasih...
gimana guys, kalo bermanfaat bisa berbagi dengan temannya ya terima kasih...
Post a Comment for "Perangkat Keras Komputer"
Post a Comment