Perangkat Keras Komputer


halo sobat anggabays, kali ini saya akan share atau berbagi tentang perangkat keras komputer atau biasa disebut dengan hardware. ini materi yang saya rangkum dari buku TIK kelas 7 kalo nggak salah soalnya saya lupa. oke langsung kepembahasan nya ya....


RINGKASAN MATERI
A.Perangkat keras computer
            Sesuai dengan namanya,perangat keras atau hardware adalah perangkat komputer yang dapat kita lihat dengan mata (berwujud). berdasarkan fungsinya,praangkat keras ini dikategorikan menjadi 3 jenis, yaituperalatan masukan (input device),alat pemroses,dan alat keluaran(output device).dapatkah kamu menyebutkan alat-alat komputer yang termasuk perangkat keras?perangkat keras komputer adalah alat-alat komputeryang dapat dilihat dan disentuh.Empat komponen utama sebuah systemKomputer adalah alat masukan (input device), alat pemroses (processing device),alat penyimpanan (storange device,dan alat keluaran (output device). Input dan outputdevice di kelompokkan dalam satu bagian yang disebut pheripheral yang terletak diluar casing komputer. Processing device dan storange devicedikelompokkan sebagai komputer dan biasanya terletak dalam casing utama komputer.
1.alat masukan (input device)
Apa yang kamu gunakan untuk memasukkan data atau tulisan kedalam komputermu?tentukamu akan memakai keyboard bukan?keyboard merupakan salah satu alat masukan (input device).input device berfungsi sebagai media masukan data diluar system kedalam memori dan processoruntuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Berikut adalah alat-alat yang termasuk alat masukan komputer . pernahkah kamu mendengar istilah peripheral? Istilah ini sering terdengar dalam pembahasan perangkat keras komputer . peripheral merupakan istilah yang sering digunakan untuk menyebutkan alat tambahan pada komputer . secara sederhana peripheral ada;ah perangkat-perngkat keras yang dapat ditambah ke PC untuk meningkatkan kemampuan system komputer . alat tambahan ini digunakan dalam beberapa jenis perangkat keras komputer, yaitu dalam perangkat masukan (input device),perangkat penyimpanan data (memory),perangkaat pengolah data (processor),dan perangkat keluaran (output device). Apa saja perangkat masukan yang sering digunakan ?
Perhatikan pembahasan berikut.
a.Perangkat Masukan
perangkat masukan atau input device berfungsi untuk memasukkan data , baik berupa teks , foto , maupun gambar kedalam komputer. Contoh perangkat input misalnya keyboard,mouse joystick, scanner, dan sebagainya .
1)   Keyboard
 Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU , biasanya berupa rangkaian huruf , angka dan tombol fungsi lainnya. Keyboard berasal dari bahasa inggris yang artinya papan ketik. Keyboard  terdiri atas tombol –tombol berbentuk kotak dengan huruf , angka ,atau sinbol yang terletak diatasnya. Keyboard biasanya terbagi atas tiga bagian, yaitu function keys (tombol fungsi), type writer (tombol huruf,angka,tanda baca)Dn numeric keypad (tombol angka dan tanda baca yang berfungsi sebagai kalkulator),serta control keys (tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar). Dalam beberapa system operasi, apabila 2 tombol ditekan secara bersamaan, akan muncul fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya.
 Saat ini banyak inovasi yang dilakukan dalam merancang bentuk keyboard,tentu saja tanpa mengurangi fungsi utama keyboard. Seperti keyboard jenis poldable. Keyboard jenis ini terbuat dari plastik lembut yang dapat digulung dan dilipat sehingga dapat dibawa kemana pun pergi. Keyboard jenis ini juga lebih tahan air disbanding keyboard biasa.
Tahukah kamu fungsi dari setiap tombol yang terdapat pada keyboard? Berikut akan dijelaskan beberapa fungsi dari tombol-tombol pada keyboard.

v Tombol ALT  berfungsi jika penggunaanya dipasangkan dengan tombol lainnya. Misalnya dengan tombol F4 yang berguna untuk ShutDown atau menutup Windows program yang sedang aktif.
v Tombol CTRL akan berfungsi bila penggunaanya dipasangkan dengan tombol lainnya.misalnya  dengan tombol C atau disebut juga  CTRL+C akan berguna untuk menyalin satu objek yang ditunjuk kedalam keyboard, yang nantinya dapat disalinkan pada area kerja yang ditentukan dengan menggunakan CTRL +V.
v Tombol  F1-F12 adalah tombol fungsi yang pemaanfatannya disesuaikan dengan system operasi atau aplikasi. Misalnya, F1 biasanya digunakan untuk menamoilkan menu help yang akan memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang sedang berjalan.
v Tombol ESC (Escape)adalah tombol yang digunakan untuk membatalkan atau keluar dari suatu perintah atau menu.
v Tombol Enter adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilhan  tombol OK, yaitu untuk menyatakan bahwa operasi yang dilakukan betul dan selesai. Enter juga dapat berarti menyisipkan baris kosong atau baris baru pada program pengolah kata.
v Pada window dialog, menekan tombol TAB berarti pindah ke field atau daerah isian atau pilihan berikutnya. Pada saat proses pengetikan, TAB berarti lompat ke penghentian TAB (tab-stop) terdekat.
v Tombol arah/kursor berfungsi menggerakkan penunjuk karakter (kursor) sesuai arah anak panah bersangkutan.
v Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol backspace akan mengakibatkan karakter( huruf) sebelah kiri kursor terhapus.
v Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol delete akan mengakibatkan karakter (huruf)disebelah kanan atau ditempat dimana kursor berada akan terhapus.
v Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Home akan mengakibatkan ke awal baris dimana kursor berada.
v Menekan tombol End akan mengakibatkan kursor berpindah ke akhir baris dimana kursor berada.

v Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Page Up akan mengakibatkan kursor berpindah keatas sejauh satu layar dari kursor berada.
v Berguna pada saat proses pengetikan.menekan tombol Page Down akan mengakibatkan kursor berpindah sejauh satu layar dari kursor berada.

2)   Light pen 
      Light pen merupakan alat yang berbentuk bolpoint yang berfungsi sebagai memberikan input pada komputer dengan  cara menyentuh layar monitor. Teknologi ini lebih teliti dari pada layar sentuh. Dengan alat ini , operator komputer  dapat memilih item atau memilih perintah pada layar (seperti klik pada mouse) dengan cara menjepit sisi-sisi light pen tersebut atau  dengan menekan pada layar.
3)   Layar sentuh (touch screen)
       Layar sentuh merupakan layar monitor yang didesain atau dimodifikasi untuk dapat mengenali sentuhan pada permukaanya. Dengan menyentuh layar, pengguna dapat memilih operasi atau memindahkan kursor. Layar sentuh kurang cocok jika digunakan pada komputer pribadi (personal komputer) karena pengguna harus sering-sering mengangkat tangannya  menyentuh monitor.

4)   Mouse
       Mouse adalah alat penunjuk yang digunakan untuk mengatur posisi kursor di layar. Jika mouse digeser di bidang datar, kursor di layar akan bergeser sesuai dengan arah dari pergeseran mouse. Pada program pengolah data, mouse digunakan untuk menempatkan insertion point dengan cepat pada teks. Mouse juga digunakan untuk memilih icon-icon dalam menjalankan perintah-perintah. Mouse bekerja dengan menangkapgerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tapi menggunakan sinyal optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel,baik yang berbasis radio,sinar inframerah,maupun Bluetooth.
     Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan mouse memakai system laser sehingga resolusinya mencapai 2.000 titik per inci(dots pers inch), bahkan ada yang dapat mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya, mouse semacam ini diperuntukkan bagi penggemar  permainan video
5)   Joystick

       Joystick adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas. Alat ini dapat bergerak ke segala arah. Alat ini juga dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Pda umumnya, joystick digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan videoyang dilemgkapi dengan lebih dari satu tombol. Sebenarnya alat ini dapat digantikan dengan mouse atau keyboard. Joystick berfungsi mengarahkan atau mengatur gerakan kursor di layar komputer. Joystick biasanya digunakan untuk  program permainan (game).
     Namun, menggunakan joystick pada permainan simulasi akan terasa lebih seru dan menyenangkan karena akan memancingmuuntuk ikut bergerak. Selain untuk mengontrol permainan video, joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin lain, seperti pada kursi roda bermotor dan truk.
6)   Scanner
      Scanner merupakan alat bantu untuk memasukkan data berupa gambarantau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks. Cara kerjanya adalah dengan menempatkan sebuah objek diatas kaca scanner. Scanner akan meraba secara elektronik masukan yang akan dibaca.scanner menggunaka optikal data reader sebagai alat pembaca yang mampumembaca langsung data dari kertas biasa berupa grafik, gambar, maupun tulisan. Scanner fungsinya mirip denga mesin fotokopi. Mesin fotokopi hasilnya dapat kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor dahulu,kemudian baru dapat diubah dan dimodifikasi sehingga hasilnya menjadi bagus. Selanjutnya hasil tersebut dapat disimpan sebagai file text,dokumen, dan gambar. Data yang telah diambil dengan scanner itu dapat dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII. Scanner juga dikenal dengan nama pemindai.

7)   kamera digital DAN handycam
              saat ini perkembangan kamera digital sangat maju. Hampir setiap orang menggunakan kamera digital karena praktis dan dapat memuat ratusan foto. Kamera digital juga dapat merekam film dengan durasi pendek. Hasil foto dan film dari kamera digital dapat kamu masukkan kedalam komputer untuk dicetak atau diolah. Untuk merekam film dalam waktu yang lama, kam dapat menggunakan Handycam. Hasil rekaman dari Handycam dapat ditrasfer kedalam bentuk VCD/DVD dengan bantuan komputer.
8)   digitalizer graphics tablets
         Digitalizer Graphics Tablets digunakan untuk menggambar grafik secara elektronik. Alat ini biasa digunakan oleh para desainer untuk memerlukan gambar elektronik secara cepat dan akurat.







gimana guys, kalo bermanfaat bisa berbagi dengan temannya ya terima kasih...

Post a Comment for "Perangkat Keras Komputer"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel