4 Tips Menjawab Soal TKP SPMB PKN STAN Agar Lolos Ambang Batas dan Skor Tinggi
Akhir ini, banyak sekali saya menemui keluhan keluhan peserta SPMB PKN STAN 2019 yang mengatakan bahwa Tes Karakteristik Pribadi (TKP) membingungkan karena jawaban satu mirip dengan jawaban lainnya. tentunya agak riskan bagi kita.
Selain itu, ternyata banyak juga yang lolos ambang batas TWK TIU TPA TBI namun gagal di TKP. tentunya sangat mengecewakan bukan?
maka dari itu, ada salah satu peserta yang mau membagikan Tips Menjawab Soal TKP SPMB PKN STAN Agar Lolos Ambang Batas dan Skor Tinggi
1. Cari kata kunci yang menunjukan sebuah Aksi nyata dan tegas
Selain itu, ternyata banyak juga yang lolos ambang batas TWK TIU TPA TBI namun gagal di TKP. tentunya sangat mengecewakan bukan?
maka dari itu, ada salah satu peserta yang mau membagikan Tips Menjawab Soal TKP SPMB PKN STAN Agar Lolos Ambang Batas dan Skor Tinggi
Tips TKP berdasarkan Pengalaman Saya tadi menerapkan ini gan alhamdulillah 145 tkp
![]() |
| Tips Menjawab Soal TKP SPMB PKN STAN Agar Lolos Ambang Batas |
1. Cari kata kunci yang menunjukan sebuah Aksi nyata dan tegas
misal :
contoh : jika ada banjir di sekolah dan ruangan kotor sehingga semua siswa ikut andil mmbersihkan, namun sebagian teman2 anda mengeluh dan tidak menerima.
jawaban benar adalah : saya akan mengajak teman2 membersihkan ruangan secara bersama2. pilihan lain yg nilainya kecil adalah : saya akan memberikan pengertian kepada teman agar mereka mau membantu, atau saya akan mengerjakan sesuai kemapuan saya sendiri. mengapa jawabannya mengajak bersama2? karena kita tidak hanya menyuruh namun juga menjadi bagian untuk bekerja. kita sudah punya inisiatif dan tindakan nyata. masalah orang mau atau tidak adalah nomor 2, yang penting kita ajak dan langsung melakukan
2. carilah kata kata kunci yg menunjukan etika yg baik,
contoh:
contoh soalnya adalah. anda mmbunyikan musik dng suara keras, lalu tatangga anda marah maka apa respon anda?
jawaban terbaik adalah " saya meminta maaf dan tdk melakukan nya lg" sudah cukup itu jawabannya. jawaban lain yg terlihat manis adalah "saya sangat bersyukur telah diingatkan dan saya tidak akan mengulangi", "saya akan jadikan pembelajaran ke depan sehingga akan menjadi lebih baik."
Mengapa minta maaf menjadi jawaban tertinggi? karena yang ingin di lihat adalah respon pertama kali kita jika berbuat salah. yang lain baik tapi yg paling tepat adalah meminta maaf terlebih dahulu.
3. carilah kalimat yg menunjukan fast respon sebagai ketua atau pimpinan.
misal
"jika hari ini anda dan kelompok di suruh mmbuat tugas yg harus selesai sekarang namun di saat bersamaan istri anda mendadak masuk rumah sakit. apa yang akan kamu lakukan?
jawabannya : memandatkan salah satu rekan untuk menggantikan saya sebagai ketua dan saya akan menuju RS untuk menjaga istri saya.
jawaban manis lainnya adalah : menyuruh anggota tetap mngerjakan tugas sambil saya pantau dr RS, tetap mngerjakan tugas itu baru setelah itu ke RS,istri adalah segalanya sehingga say langsung k RS. kenapa begitu? orang sakit adalah prioritas. tidaklah etis sebagai pemimpin kita membawa pekerjaan ke RS, perusahaan juga pasti memahami. sehingga mendelegasikan salah satu anggota untuk mengganti anda adalah jawaban terbaik.
4. pahami konteks soal. apa yng menjadi objek soal, siapa pelaku, dimana lokasi kejadian soal. misalnya : atasan saya seorang yg gaptek dengan IT padahal perusahaan kami harus menggunakan internet dalam segala urusan.
jawaban tepat adalah : menawarkan secara empat mata kepada atasan dan apahah beliau ingin tahu dunia IT dan belajar bersama2.
jawaban manis lainnya adalah : mengumpulkan teman teman untuk berdiskusi mencari jalan keluar, mengajak ahli IT untuk bersama sama mengajak atasan belajar, meminta atasan untuk belajar karena perusahaan sudah berkembang.
di sini konteks yang menjadi objek nya adalah ATASAN. tidak etis jika kita langsung bertindak tanpa bertanya karena dia atasan. namun jika di setara atau bawahan. tanpa kita bertanya kita harus ambil tindakan utk mengajak rekan belajar. jadi perhatikan konteks yg di minta. objek nya siapa. pantas atau tidakkah kita bertindak. perhatikan itu.
- saya akan membuat,
- saya akan membentuk,
- saya langsung membuat
- dan sebagainya.
- saya menyarankan,
- saya menghimbau,
- saya menyuruh,
- saya melaporkan.
contoh : jika ada banjir di sekolah dan ruangan kotor sehingga semua siswa ikut andil mmbersihkan, namun sebagian teman2 anda mengeluh dan tidak menerima.
jawaban benar adalah : saya akan mengajak teman2 membersihkan ruangan secara bersama2. pilihan lain yg nilainya kecil adalah : saya akan memberikan pengertian kepada teman agar mereka mau membantu, atau saya akan mengerjakan sesuai kemapuan saya sendiri. mengapa jawabannya mengajak bersama2? karena kita tidak hanya menyuruh namun juga menjadi bagian untuk bekerja. kita sudah punya inisiatif dan tindakan nyata. masalah orang mau atau tidak adalah nomor 2, yang penting kita ajak dan langsung melakukan
2. carilah kata kata kunci yg menunjukan etika yg baik,
contoh:
- "saya minta maaf",
- "sebelumnya saya akan mengucapkan terimakasih",
- "saya akan memuji dia terlebih dahulu",
- saya akan menyapa dan menyalami"
contoh soalnya adalah. anda mmbunyikan musik dng suara keras, lalu tatangga anda marah maka apa respon anda?
jawaban terbaik adalah " saya meminta maaf dan tdk melakukan nya lg" sudah cukup itu jawabannya. jawaban lain yg terlihat manis adalah "saya sangat bersyukur telah diingatkan dan saya tidak akan mengulangi", "saya akan jadikan pembelajaran ke depan sehingga akan menjadi lebih baik."
Mengapa minta maaf menjadi jawaban tertinggi? karena yang ingin di lihat adalah respon pertama kali kita jika berbuat salah. yang lain baik tapi yg paling tepat adalah meminta maaf terlebih dahulu.
3. carilah kalimat yg menunjukan fast respon sebagai ketua atau pimpinan.
misal
"jika hari ini anda dan kelompok di suruh mmbuat tugas yg harus selesai sekarang namun di saat bersamaan istri anda mendadak masuk rumah sakit. apa yang akan kamu lakukan?
jawabannya : memandatkan salah satu rekan untuk menggantikan saya sebagai ketua dan saya akan menuju RS untuk menjaga istri saya.
jawaban manis lainnya adalah : menyuruh anggota tetap mngerjakan tugas sambil saya pantau dr RS, tetap mngerjakan tugas itu baru setelah itu ke RS,istri adalah segalanya sehingga say langsung k RS. kenapa begitu? orang sakit adalah prioritas. tidaklah etis sebagai pemimpin kita membawa pekerjaan ke RS, perusahaan juga pasti memahami. sehingga mendelegasikan salah satu anggota untuk mengganti anda adalah jawaban terbaik.
4. pahami konteks soal. apa yng menjadi objek soal, siapa pelaku, dimana lokasi kejadian soal. misalnya : atasan saya seorang yg gaptek dengan IT padahal perusahaan kami harus menggunakan internet dalam segala urusan.
jawaban tepat adalah : menawarkan secara empat mata kepada atasan dan apahah beliau ingin tahu dunia IT dan belajar bersama2.
jawaban manis lainnya adalah : mengumpulkan teman teman untuk berdiskusi mencari jalan keluar, mengajak ahli IT untuk bersama sama mengajak atasan belajar, meminta atasan untuk belajar karena perusahaan sudah berkembang.
di sini konteks yang menjadi objek nya adalah ATASAN. tidak etis jika kita langsung bertindak tanpa bertanya karena dia atasan. namun jika di setara atau bawahan. tanpa kita bertanya kita harus ambil tindakan utk mengajak rekan belajar. jadi perhatikan konteks yg di minta. objek nya siapa. pantas atau tidakkah kita bertindak. perhatikan itu.
intinya sih, jng terlalu jd pahlawan yg hebat. tp jdilah org yg bisa mengatasi masalah dengan tepat tanpa menyakiti siapapun.

Post a Comment for "4 Tips Menjawab Soal TKP SPMB PKN STAN Agar Lolos Ambang Batas dan Skor Tinggi"
Post a Comment