Jurusan Teknik Geodesi, Kenalan Lebih Dekat Yuk !


9.     PROGRAM STUDI : TEKNIK GEODESI

A.     DESKRIPSI SINGKAT :

Program studi ini mendidik mahasiswanya untuk menjadi Sarjana Teknik yang mempunyai kemampuan akademik dan profesional dalam bidang survei pemetaan dan pengelolaan informasi spasial. Dengan kata lain, jika kalian memilih program studi Geodesi, akan diarahkan untuk mampu menghimpun, mengelola, dan menyajikan data serta informasi mengenai gambar bumi. Ada dua bidang/konsentrasi studi, yaitu sebagai berikut :

-          Geodesi, yang mempelajari bentuk, ukuran, dan gaya berat bumi. Survey dan pemetaan merupakan salah satu cara untuk menyajikan bentuk bumi. Penyajian bentuk dan ukuran bumi ini disajikan dalam bentuk peta baik konvensional maupun digital. Pergerakan bumi dan medan gaya berat bumi dipelajari dalam ilmu kebumian.

-          Geomatika, menekuni sistem dan teknologi penginderaan jauh dan penentuan posisi dengan metode ekstraterestrial menggunakan satelit serta teknologi komputer.

Gambaran materi / ilmu yang dipelajari :

Banyak belajar kalkulus, fisika, kimia, konsep teknologi, geodesi & geomatika, ilmu lingkungan, pemrograman data spasial, ilmu hitung geodesi, kartografi, sistem basis data, geografi, adimistrasi pertanahan, surveying, hitung perataan, geodesi satelit, hidrografi, fotogrametri, pemetaan digital, survey satelit, kerangka dasar horizontal, kerangka dasar vertikal, sistem informasi geografis, statistika spasial, survey batas wilayah, geodesi kelautan, survey pelabuhan & perairan pantai, oseanografi pesisir dan estuari, survey


industri lepas pantai, pemetaan bidang tanah, ilmu ukur tanah, pemetaan fotogrametri, medan gaya berat bumi. Hal yang perlu diperhatikan :

Menyukai ilmu matematika dan fisika yang kuat, analitik, suka berpikir kritis, memiliki kemampuan survival, anggota badan normal, tidak miliki buta warna , memiliki pandangan sterioskopik yang baik, pionir bagi bidang teknik sipil.

B. PROSPEK LULUSAN

Dalam perkembangannya Teknik Geodesi banyak dibutuhkan oleh pihakpihak, lembaga, badan yang membutuhkan informasi spasial (keruangan) seperti Badan Perencanaan Pendapatan Daerah (Bappeda), Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Departemen Transmigrasi, Departemen Pekerjaan Umum dan Konsultasi Teknik, Lembaga Penelitian (LIPI BPPT), Lembaga Pendidikan.

C.      DIREKTORI PERGURUAN TINGGI PTN: UGM, ITB

PTS : IT Padang, Universitas Pakuan Bogor.

(bisa lihat situs : www.banpt.depdiknas.go.id)

Post a Comment for "Jurusan Teknik Geodesi, Kenalan Lebih Dekat Yuk !"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel