Proposal Penelitian Menguak Kasus Penembakan Brigadir Firman Oleh Oknum Opm Sebagai Bentuk Ancaman Terhadap Integrasi Nasional
MENGUAK KASUS PENEMBAKAN BRIGADIR FIRMAN OLEH OKNUM OPM SEBAGAI BENTUK
ANCAMAN TERHADAP INTEGRASI NASIONAL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DENGAN
METODE DEBAT
Disusun Oleh :
Haidar Bahalwan (10)
Hengky Dwi
Purnomo (11)
Listi Friama
Az’ari (14)
Luluk Ilma’nunah (15)
Luluk Nur Fadhillah
M. (16)
Meilina Dwi
Putri L. (19)
Nur Hayati
Istiqomah (24)
Ridwan Tri
Cahyo U. (28)
Salsa Alya
Safira (32)
Kelas XI MIPA 1
SMA NEGERI 1 PATI
Jalan
Panglima Sudirman No. 24 Pati. Telp (0295)381454
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
MENGUAK KASUS PENEMBAKAN BRIGADIR FIRMAN OLEH OKNUM OPM SEBAGAI BENTUK
ANCAMAN TERHADAP INTEGRASI NASIONAL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DENGAN
METODE DEBAT
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan Semester II
Disusun Oleh :
Haidar Bahalwan (10)
Hengky Dwi
Purnomo (11)
Listi Friama
Az’ari (14)
Luluk Ilma’nunah (15)
Luluk Nur Fadhillah
M. (16)
Meilina Dwi
Putri L. (19)
Nur Hayati
Istiqomah (24)
Ridwan Tri
Cahyo U. (28)
Salsa Alya
Safira (32)
Kelas XI MIPA 1
SMA NEGERI 1 PATI
Jalan
Panglima Sudirman No. 24 Pati. Telp (0295)381454
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
LEMBAR PENGESAHAN
Makalah
yang berjudul Menguak Kasus Penembakan
Brigadir Firman Oleh Oknum OPM Sebagai Bentuk Ancaman Terhadap Integrasi
Nasional Berbasis Project Based Learning dengan Metode Debat dalam pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas XI MIPA 1
di SMAN 1 Pati.
1.
………………..
Haidar Bahalwan
|
6.
………………..
Meilina Dwi Putri L.
|
2.
………………..
Hengky Dwi Purnomo
|
7.
………………..
Nur Hayati Istiqomah
|
3.
……………….
Listi Friama Az’ari
|
8.
………………..
Ridwan Tri Cahyo U.
|
4.
………………..
Luluk Ilma’nunah
|
9.
………………..
Salsa Alya Safira
|
5.
………………..
Luluk Nur Fadhillah M.
|
Pati, 2018
Guru Pembimbing,
Nur Wijayanti, S.Pd.
NIP. 196308271987032004
MOTTO
1.
“Pertahankan
Hak-Hakmu, jangan sampai direnggut oleh hal yang tak berguna”- Anonim
2.
“Negara
akan terus menjalankan tugas konstitusi untuk melindungi hak warga Negara dalam
menjalankan ibadah, sesuai dengan wewenangya.”- SusiloBambangYudhoyono
3.
“Jangan
pernah memperlakukan tugas manapun sebagai proyek sambilan atau sekedar sampingan.
Pandanglah selalu rakyat sebagai mitra jangka panjang.” –Anonim
4.
“Kekuasaan
cenderung disalahgunakan, dan kekuasaan mutlak pasti dipersalahgunakan.” –Lord Acton
5.
“Konstitusi
dimaksudkan untuk melindungi hak-hak praktis dans ubstansial, tidak untuk mempertahankan
teori.” –David V.Mills
6.
“Penafsiran
prinsip-prinsip konstitusional tidak boleh terlalu harfiah. Kita harus ingat bahwa
mesin pemerintahan tidak akan bekerja jika tidak diperkenankan bermain kecil pada
sendi tersebut.”- Bain Peanut
Co.V.Pinsun
PERSEMBAHAN
Pada
lembar persembahan ini, penyusun ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak
yang sangat mendukung penyusun dalam pembuatan dan penyusunan makalah ini.
Adapun yang dimaksud sebagai berikut :
1.
Kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat
dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini,
2.
Orang Tua kami tercinta yang telah mendukung
danmemberikan doa,
3.
Bapak Budi Santosa, S.Pd, M.Pd, M.Si.
selaku kepala SMA Negeri 1 Pati,
4.
Ibu Sumanah, S.Pd, M.Pd. selaku wali
kelas XI MIPA 1
5.
Ibu Nur Wijayanti, S.Pd. selaku guru
pembimbing kami yang telah membimbing kami tanpa kenal lelah,
6.
Guru-guru yang telah mendukung dengan
segenap doa,
7.
Teman-teman yang mendukung,
membantu, member semangat, serta memberikan kritik dan saran,
8.
Narasumber wawancara yang telah memberikan
waktunya untuk member informasi lebih kepada kami,
9.
Semua pihak yang telah mendukung dalam
pembuatan makalah ini,
10.
Para pembaca makalah yang telah membaca
makalah ini dengan sebaik-baiknya.
Kami
harap dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi semua orang khususnya
bagi siswa dan siswi SMA N 1 Pati, sehingga dapat menjadi panduan bagi mereka kelak.
KATA PENGANTAR
Dengan
menyebut nama Allah SWT Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Kami panjatkan
puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat,
hidayah, serta inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang
berjudul ”Menguak Kasus Penembakan Brigadir Firman Oleh Oknum OPM Sebagai
Bentuk Ancaman Terhadap Integrasi Nasional Berbasis Project Based Learning dengan
Metode Debat”
Makalah ini telah
kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga
dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima
kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
Terlepas dari semua
itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan
kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu, dengan tangan terbuka kami
menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah
ini.
Kami berharap semoga
makalah tentang ”Menguak Kasus
Penembakan Brigadir Firman Oleh Oknum OPM Sebagai Bentuk Ancaman Terhadap
Integrasi Nasional Berbasis Project Based Learning dengan Metode Debat” dapat
memberikan manfaat maupun inspirasi terhadap pembaca.
Pati, 2018
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL ...................................................................................... i
LEMBAR
PENGESAHAN ........................................................................... ii
MOTTO
........................................................................................................... iii
PERSEMBAHAN
.......................................................................................... iv
KATA
PENGANTAR .................................................................................... v
DAFTAR
ISI .................................................................................................. vi
DAFTAR
GAMBAR ...................................................................................... ix
DAFTAR
TABEL ........................................................................................... .
x
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah ...................................................................... 1
1.2 Rumusan
Masalah ................................................................................ 3
1.3 Tujuan
Penelitian ................................................................................. 3
1.4 Manfaat .............................................................................................. 4
BAB
II TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Integrasi Nasional ............................................................................... 6
2.1.1 Pengertian ................................................................................... 6
2.2 Ancaman ............................................................................................. 9
2.2.1 Pengertian Ancaman ................................................................... 9
2.2.2 Bentuk Ancaman ........................................................................ 10
2.3 Organisasi Papua Merdeka ................................................................. 11
2.3.1 Pengertian ................................................................................... 11
2.3.2 Latar Belakang ............................................................................ 15
2.3.3 Kasus Yang Melibatkan OPM .................................................... 18
2.3.3.1 Kasus Penembakan Brigadir Firman .............................. 18
2.4 Landasan Hukum Integrasi Nasional ................................................. 20
2.4.1 Nasional ...................................................................................... 20
BAB
III METODOLOGI PENELITIAN
3.1
Subjek Penelitian ................................................................................. 24
3.1.1
Tema Penelitian .......................................................................... 24
3.1.2
Sumber Data ............................................................................... 24
3.2
Setting Penelitian ................................................................................. 25
3.2.1
Tempat Penelitian ....................................................................... 25
3.2.2
Waktu Penelitian ........................................................................ 25
3.3
Metode Penelitian ................................................................................ 25
3.3.1
Problem Based Learning ............................................................. 25
3.3.2
Debat .......................................................................................... 29
3.4
Teknik Pengumpulan Data .................................................................. 31
3.4.1
Teknik Pengumpulan Data dengan Kuisioner ............................ 31
3.4.2
Teknik Pengumpulan Data dengan Wawancara ......................... 32
3.5
Teknik Analisis Data ........................................................................... 35
3.5.1
Teknik Analisis Data Kuantitatif ................................................ 35
3.5.2
Teknik Analisis Data Kuanlitatif ................................................ 35
BAB
IV HASIL PENELITIAN
4.1
Hasil Angket Kuesioner ...................................................................... 38
4.1.1
Hasil Angket Pertanyaan ke-1 .................................................... 38
4.1.2 Hasil
Angket Pertanyaan ke-2.....................................................
41
4.1.3 Hasil
Angket Pertanyaan ke-3.....................................................
44
4.1.4 Hasil
Angket Pertanyaan ke-4.....................................................
47
4.1.5 Hasil
Angket Pertanyaan ke-5.....................................................
50
4.1.6 Hasil
Angket Pertanyaan ke-6.....................................................
54
4.2 Hasil
Wawancara ................................................................................ 57
BAB
V PENUTUP
5.1
Kesimpulan .......................................................................................... 58
5.2
Saran .................................................................................................... 59
DAFTAR
PUSTAKA ..................................................................................... 60
LAMPIRAN-LAMPIRAN..............................................................................
61
DAFTAR TABEL
Tabel 1.1 .......................................................................................................... 29
Tabel 1.2...........................................................................................................
31
Tabel 1.3...........................................................................................................
32
Tabel 1.4...........................................................................................................
34
Tabel 1.5...........................................................................................................
35
Tabel 1.6...........................................................................................................
37
Tabel 1.7...........................................................................................................
38
Tabel 1.8...........................................................................................................
40
Tabel 1.9...........................................................................................................
41
Tabel 1.10.........................................................................................................
43
Tabel 1.11.........................................................................................................
44
Tabel 1.12.........................................................................................................
46
DAFTAR DIAGRAM
Diagram 1.1 ..................................................................................................... 30
Diagram 1.2......................................................................................................
31
Diagram 1.3 ..................................................................................................... 33
Diagram 1.4 ..................................................................................................... 34
Diagram 1.5 ..................................................................................................... 36
Diagram 1.6 ..................................................................................................... 37
Diagram 1.7 ..................................................................................................... 39
Diagram 1.8 ..................................................................................................... 40
Diagram 1.9 ..................................................................................................... 42
Diagram 1.10 ................................................................................................... 43
Diagram 1.11 ................................................................................................... 45
Diagram 1.12 ................................................................................................... 46
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
belakang
Secara politis, integrasi nasional merupakan
penyatuan berbagai kelompok budaya serta sosial dalam kesatuan wilayah nasional
yang membentuk sebuah identitas nasional. Sedangkan, secara antropologis,
integrasi nasional merupakan suatu proses penyesuaian diantara unsur-unsur
kebudayaan yang berbeda sehingga akan mencapai suatu kesatuan fungsi di dalam
kehidupan bermasyarakat. Integrasi
nasional ini mengindikasikan adanya suatu kekuatan yang menggerakkan tiap-tiap
individu untuk dapat hidup bersama sebagai kesatuan.
Indonesia merupakan bangsa yang sangat besar baik
dari kebudayaan ataupun wilayahnya. Pada satu sisi hal tersebut akan membawa
dampak positif bagi bangsa disebabkan karena kita dapat memanfaatkan kekayaan
alam Indonesia ini dengan secara bijak atau mengelola budaya budaya yang melimpah
untuk kesejahteraan rakyat, namun dari keuntungan tersebut hal tersebut juga
akhirnya menimbulkan masalah yang baru. Seperti yang kita ketahui dengan
wilayah serta budaya yang melimpah itu akan dapat menghasilkan karakter atau
manusia manusia yang berbeda juga sehingga akan dapat mengancam keutuhan bangsa
Indonesia.
Seperti
adanya gerakan OPM (Organisasi Papua Merdeka) yang sudah pastinya
mengancam integrasi nasional. Gerakan tersebut dapat menimbulkan kekacauan dan
perpecahan dalam masyarakat. Hal ini yang dapat mengancam persatuan dan
kesatuan bangsa. Gerakan ini kerap kali melakukan aksi penyerangan yang
pastinya sangat meresahkan masyarakat.
Seperti halnya, beberapa
waktu lalu terjadi insiden penembakan terhadap Brigadir Firman dan seorang
rekannya, Bripka Yongky Rumte, yaitu pada 15 November 2017 pukul 03.50 WIT. Saat itu, anggota Brimob yang sedang melakukan patroli dan penyelidikan terhadap penembakan mobil
Freeport sehari sebelumnya. Saat mereka menelusuri perbukitan di daerah
mile 69, kelompok OPM tiba-tiba menyerang mereka. Penyerangan itu menyebabkan tewasnya
Brigadir Firman.
Adanya penyerangan ini
menyebabkan anggota Brimob yang bertugasdisana lebih meningkatkan
kewaspadaannya, terutama di daerah yang dianggap rawan.
Kasus penyerangan tersebut
menarik untuk kami bahas, dikarenakan sebenarnya kasus tentang OPM maupun isu
tentang pembebasan Papua dari Indonesia telah terdengar sejak lama, tak jarang
terjadi bentrok senjata antara anggota OPM dengan anggota Brimob. Namun, kasus
tersebut seolah tak ada habisnya. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk membuat penelitian
dengan judul “Menguak Kasus Penembakan
Brigadir Firman Oleh Oknum OPM Sebagai Bentuk Ancaman Terhadap Integrasi
Nasional Berbasis Project Based Learning Dengan Metode Debat”.
1.2
Rumusan masalah
1. Bagaimana
pengaruh letak Indonesia terhadap
integrasi nasional?
2. Mengapa gerakan
OPM memengaruhi integrasi nasional?
3. Apakah motif
penyerangan yang dilakukan oleh anggota OPM Brigadir Firman?
4. Apakah dampak
dari penyerangan yang dilakukan OPM terhadap Brigadir Firman?
5. Bagaimana solusi
dari kasus penyerangan Brigadir Firman?
1.3 Tujuan
1.
Untuk mengetahui lebih dalam tentang integrasi nasional dan kaitannnya dengan letak
Indonesia.
2.
Untuk mengetahui penyebab pecahnya integrasi
nasional.
3.
Untuk mengetahui penyebab kasus penyerangan terhadap
Brigadir Firman.
4.
Untuk mengetahui dampak dari penyerangan terhadap
Brigadir Firman oleh oknum OPM.
5.
Untuk mengetahui solusi dari kasus penyerangan
terhadap Brigadir Firman.
1.2
Manfaat
1.3.1
Secara teoritis
2. Pembaca dapat memperluas wawasannya
terhadap integrasi nasional di
Indonesia.
3.
Melatih
kemampuan menganalisis penulis
supaya dapat berfikir kritis dalam mengatasi suatu permasalahan.
4.
Penulis
dapat mengetahui kasus penyerangan terhadap Brigadir Firman oleh oknum OPM
secara lebih rinci.
5.
Memperluas wawasan penulis.
1.3.2
Secara praktis
1.3.2.1
Bagi
Masyarakat :
1.
Supaya
masyarakat dapat menerapkan ide-ide yang lebih berkualitas berdasarkan integrasi nasional.
2.
Supaya
masyarakat dapat responsif terhadap suatu kasus sehingga dapat mendorong dalam
berfikir kritis dalam integrasi nasional sehingga dapat mendorong kemajuan Bangsa dan Negara.
1.3.2.2
Bagi Pemerintah :
1.
Supaya
pemerintah bisa cepat mengatasi kasus OPM
2.
Supaya pemerintah dapat memperbaiki kinerjanya dalam menangani suatu
kasus.
3.
Pemerintah
dapat mempertegas peraturan perundang-undangan.
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Integrasi Nasional
2.1.1 Pengertian
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia
(1996:383) integrasi merupakan ”proses penyatuan berbagai kelompok budaya dan
sosial ke dalam kesatuan wilayah dan pembentukan suatu identitas nasional”.
Menurut A Heuken SJ (1988:184) dalam bahasa Inggris to integrated berarti “menggabungkan semua bagian menjadi sebuah
keseluruhan.Bagian-bagian itu diberi tempatnya masing-masing sehingga membentuk
kesatuan yang teratur dan harmonis atau seimbang”.
Definisi lain mengenai integrasi menurut Wikipedia,
integrasi adalah suatu keadaan dimana kelompok-kelompok etnik beradaptasi dan
bersikap komformitas terhadap kebudayaan mayoritas masyarakat, namun masih
tetap mempertahankan kebudayaan mereka masing-masing. Integrasi memiliki 2
pengertian, yaitu:
1. Pengendalian
terhadap konflik dan penyimpangan sosial dalam suatu sistem social tertentu.
2. Membuat
suatu keseluruhan dan menyatukan unsure-unsur tertentu.
Proses integrasi tidak terjadi begitu saja,
tetapi merupakan sebuah proses yang panjang dan berlangsung bertahap dalam
waktu yang lama. Berikut adalah macam-macam integrasi:
1.
Integrasi Kebudayaan, merupakan penyesuaian
diantara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda untuk mencapai suatu keselarasan
fungsi dalam kehidupan masyarakat.
2.
Integrasi Sosial, merupakan penyesuaian diantara
unsur-unsur kehidupan sosial yang berbeda untuk mencapai suatu keselarasan
fungsi dalam kehidupan masyarakat.
3.
Integrasi Nasional, merupakan penyesuaian
diantara unsur-unsur yang berbeda dalam kehidupan di masyarakat secara nasional
untuk mencapai suatu keselarasan fungsi dalam kehidupan masyarakat. Pada
konteks ini, yang akan dipaparkan lebih jauh lagi adalah mengenai integrasi
nasional.
Menurut ICCE, integrasi nasional bisa juga
diartikan sebagai penyatu bagian-bagian yang berbeda dari suatu masyarakat
menuju ke satu-kesatuan yang utuh, ataupun juga sebagai kumpulan masyarakat
kecil banyak yang menjadi satu bangsa. Integrasi menurut Paul B.Harton, yaitu
proses pengembangan dalam masyarakat, maka harus maknanya tetaplah dijaga.
Integrasi nasional sangat identik dengan satu-kesatuan bangasa yang artinya
suatu proses perubahan atau penyatuan berbagai aspek dalam social budaya suatu
wilayah dan pembentukan bangsa atau nasional.
Menurut
Howard Wriggin seperti dikutip Syamsudin Haris (1999:9) menyatakan bahwa
sekurang-kurangnya terdapat lima faktor yang menentukan berhasilnya integrasi
bangsa. Sedang lima faktor-faktor tersebut adalah:
1. Upaya
penciptaan musuh bersama dari luar
2. Gaya
politik para pemimpin yang memperkecil perbedaan, dan pemberian penghargaan
serta rasa hormat terhadap semua suku bangsa yang berbeda-beda
3. Lembaga-lembaga
politik, partai politik, dan birokrasi nasional, termasukmiliter yang
aspiratif, luwes, dan akomodatif terhadap perbedaan dan keanekaragaman daerah
4. Ideologi
nasional yang menentukan tujuan dan cara-cara pencapaiannya
5. Pertumbuhan
ekonomi yang didasarkan pada perluasan kesempatan bagisemua orang secara adil.
(Howard Wriggins dalam Syamsuddin Haris, (1999:10).
Berdasarkan
difinisi-difinisi diatas dapat disimpulkan bahwa integrasi nasional adalah
suatu proses penyatuan masyarakat dalam suatu teritorial negara tertentu yang
mencakupsemua aspek kehidupan, baik dalam bidang sosial, politik, ekonomi,
budaya dan lain-lainnya sehingga terbentuk suatu komunitas masyarakat yang
harmonis dalam negara.
2.2 Ancaman
2.2.1 Pengertian Ancaman
Ancaman
adalah setiap usaha dan kegiatan, baik dalam negeri maupun luar negeri yang
dinilai membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan
keselamatan segenap bangsa.
Ancaman Menurut Threats Ancaman adalah situasi penting
yang tidak menguntungan dalam lingkungan perusahaan. Ancaman merupakan
pengganggu utama bagi posisi sekarang atau yang diinginkan perusahaan. Adanya
peraturan-peraturan pemerintah yang baru atau yang direvisi dapat merupakan
ancaman bagi kesuksesan perusahaan. Pengertian dalam Pasal 369 adalah dengan
maksud menguntungkan dirinya atau orang lain dengan melanggar hukum, memaksa
orang dengan ancaman pencemaran nama baik, dengan lisan atau tulisan atau
dengan ancaman akan membuka rahasia, memaksa seseorang supaya memberikan
barang, atau supaya memberi utang atau menghapus piutang.
Ancaman adalah setiap usaha dan kegiatan, baik dalam
negeri maupun luar negeri yang dinilai membahayakan kedaulatan negara, keutuhan
wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa. Ancaman adalah bagian dari risiko.
Sedangkan risiko adalah buah pikir dari sebuah ancaman. Ancaman militer adalah
ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata yang terorganisasi yang dinilai
mempunyai kemampuan yang membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah
negara, dan keselamatan segenap bangsa.
2.2.2
Bentuk Ancaman
Ancaman
militer adalah ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata serta terorganisir
dan sangat berbahaya.
Bentuk
ancaman militer:
1. perang saudara
2. agresi wilayah
3. sabotase untuk merusak instalasi
militer
4. pemberontakan militer
5. pelanggaran wilayah oleh negara lain
Ancaman nonmiliter adalah
ancaman yang tidak bersenjata tetapi jika dibiarkan itu akan
membahayakan bangsa.
Bentuk
ancaman nonmiliter:
1. penyalahgunaan narkoba
2. korupsi, kolusi, nepotisme (KKN)
3. perusakan lingkungan
4. kemiskinan
5. kebodohan
6. lunturnya kesatuan dan persatuan
bangsa
Selain itu
ancaman juga dibedakan menjadi ancaman yang berasal dari dalam negeri dan dari
luar negeri
Ancaman dari
dalam negeri berupa :
1. kerusuhan
2. pemaksaan kehendak
3. pemberontakan bersenjata
4. keinginan untuk mengubah ideologi
Ancaman dari luar negeri berupa :
1. penguasaan wilayah indonesia
2. pencurian kelayaan alam
3. penyelundupan barang
4. masuknya pesawat asing ke wilayah
indonesia
2.3
Organisasi Papua Merdeka
2.3.1 Pengertian
James
D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan
manusia untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi adalah suatu pola
hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengerahan manajer
mengehar tujuan bersama (Stoner).
Menurut
Sutarto (1979:36) menyatakan bahwa organisasi adalah system saling pengaruh
antarorang dalam kelompok yang bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu.
Organisasi sebagai hasil kreasi masyarakat (sosial
convention) dan merupakan alat yang dikembangkan oleh manusia untuk
mencapai sesuatu yang tidak mugkin dapat dicapai selain dengan cara itu.
(Litterer dan Muhyadi, 1989:8).
Indonesia adalah sebuah Negara majemuk yang kaya akan
keberagaman, baik dalam hal suku bangsa, agama, budaya, bahasa, dan masih
banyak lagi.Salah satu masalah yang mengancam integrasi
dan kedaulatan nasional adalah dengan adanya gerakan separatis.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,
separatisme adalah suatu paham yang mengambil keuntungan dari pemecah
belahan dalam suatu golongan (bangsa). Separatisme politis adalah suatu gerakan
separatism untuk mendapatkan kedaulatan dan memisahkan suatu kelompok atau wilayah
atau kelompok manusia (biasanya kelompok denan kesadaran nasional yang tajam dari
satu sama lain atau suatu negara lain. Gerakan separatis biasanya berbasis
nasionalisme dan kekuatan religius.
Menurut Dewi Fortuna Anwar dalam bukunya, Konflik Kekerasan Internal: Tinjauan
Sejarah, Ekonomi-Politik dan Kebijakan di Asia Pasifik bahwa separatisme
berkaitan erat dengan pembentukan suatu Negara. (Halaman:213)
Dalam konteks ke-Indonesiaan, kajian
etnisitas seharusnya menjadi kajian yang fundamental jika akan membahas
mengenani nasionalisme dan seperatisme. Bagaimana tidak? Wilayah yang sekarang
dikenal sebagai Negara Indonesia ini pada mulanya adalah sebuah
kerajaan-kerajaan yan bersifat independen ini sanat menjunjun tinggi etnisitas
serta kekuasaan otoritas kedaerahan.
Inti dari permasalahan separatisme adalah
nasionalisme. John hall (Mc. Crone, 1993:3) menyatakan bahwa nasionalisme
sebagai sebuah rekaman historis memiliki makna yan beraneka ragam dan tidak ada
satupun teori universal tentang apa itu nasionalisme secara mumpuni. Sementara
itu Roger Brubake (1996:10) berpendapat bahwa nation merupakan sebuah kategori yan praktis bukan analisis.
Maksudnya, untuk memahami nasionalisme harus lebih dulu memahami tentang konsep
nasionalisme itu digunakan dalam tataran praktis dan hakikat nation itu sendiri. Langkah tersebut
diharapkan akan mengerahkan ada pemahaman struktur, pengetahuan pemikiran dan
pengalaman, dan pengorganisasian tindakan maupun diskursus politik.
Salah
satu masalah mengenai separatisme di Indonesia adalah mengenai OPM atau
Organisasi Papua Merdeka. Organisasi Papua Merdeka (OPM) adalah sebuah gerakan
nasionalis atau organisasi yang didirikan tahun 1963 yang dipimpin oleh Benny
Wenda yang bertujuan untuk mewujudkan kemerdekaan Papua bagian barat dari
Pemerintahan Indonesia. Provinsi yang sekarang bernama Irian Jaya itu, pada masa
sebelum reformasi terdiri dari papua dan papua bagian barat.
Dalam sejarah Indonesia, pembebasan Irian Barat yang kemudian
menjadi wilayah kedaulatan NKRI pada tahun 1963 merupakan otentifikasi kerasnya
perjuangan bangsa Indonesia atas kemerdekaan. Namun ironisnya, dua tahun
berselang, gerakan separatis Papua muncul dan ini mengancam integrasi wilayah
NKRI.Selain perihal perasaan tidak adanya hubungan historis dengan NKRI,
kasus-kasus pelanggaran HAM oleh TNI/ABRI di Papua, kesenjangan sosial,
diskriminasi ekonomi dan politik, serta perampasan alam mereka oleh Freeport
Sulphur menjadi variabel pendorong sehingga Free West Papua Campaign ini
semakin responsif ingin memisahkan diri.
Nama Organisasi Papua Merdeka (OPM) adalah nama yang diberikan
oleh pemerintah Republik Indonesia pada setiap organisasi atau fraksi baik di
Irian Jaya maupun diluar negeri yang dipimpin oleh putra-putra Irian Jaya
pro-Papua Barat dengan tujuan untuk memisahkan atau memerdekakan Irian Jaya
(West Papua) lepas dari negara Kesatuan Republik Indonesia. Nama OPM pertama
kali diperkenalkan di Manokwari pada tahun 1964 yaitu pada saat penangkapan
pimpinan "Organisasi dan Perjuangan menuju Kemerdekaan Papua"
Terianus Aronggear (SE) dan kawan-kawannya oleh pihak keamanan dan mengajukan
mereka kedepan pengadilan.
OPM merasa bahwa mereka tidakmemiliki
hubungan sejarah dengan Indonesia maupun negara-negara Asia lainnya. Penyatuan
wilayah ini ke dalam NKRI sejak tahun 1969 merupakan buah perjanjian antara
Belanda dengan Indonesia, dimana pihak Belanda menyerahkan wilayah tersebut
yang selama ini dikuasainya kepada bekas jajahannya yang merdeka, Indonesia.
Perjanjian tersebut oleh OPM dianggap sebagai penyerahan dari tangan satu
penjajah kepada yang lain.
OPM menyerukan bahwa masyarakat papua
menolak pembanguan modern, mereka juga memerintahkan agar para pemerintahan,
pemuka agama, dan lain-lain untuk pergi dari tanah papua. Gerakan ini dilarang
di Indonesia, dan memicu untuk terjadinya kemerdekaan bagi provinsi tersebut
yang berakibat tuduhan pengkhianatan. Sejak awal OPM telah menempuh jalur diplomatik,
yaitu melakukan pengibaran bendera Bintang Kejora dan dilakukan aksi militan
sebagai bagian dari konflik papua.
2.3.2 Latar belakang
1. Pengaruh
pemerintahan Belanda pada masa Residen J. P. Eechoud yang ditandai dengan
lahirnya elit Papua terdidik yang bersikap pro-Papua. Belanda akan memberi
kemerdekaan kepada Papua Barat selambat-lambatnya tahun 1970-an, namun
cita-cita Papua Barat untuk menjadi negara yang merdeka telah dihadang oleh
Perjanjian New York (15Agustus 1962) antara Belanda dengan Indonesia yang tidak
melibatkan bangsa Papua dan Papua Barat menjadi wilayah Indonesia
2. Kekecewaan
rakyat Irian Jaya kepada Pemerintah Indonesia yaitu pemerintah Indonesia
mempunyai kepentingan atas Irian Jaya/Papua Barat dan tidak ingin melepaskan
Irian Jaya kepada pihak lain (Belanda) maupun kepada rakyat Papua Barat sebagai
negara yang merdeka. Indonesia mengambil tanah Papua Barat bukan karena alasan
kemanusiaan terhadap bangsa Papua yang terjajah oleh Belanda, tetapi karena
alasan ekonomi.
3. Ketidakpuasan
masnyarakat atas kebijakan pemerintah yang tidak adil
Menurut Dinas Sejarah Militer Kodam XVII
Cenderawasih, ada lima sebab yang menyebabkan pemberontakan OPM, yaitu:
1.
Aspek Politik
Pada masa pemerintahan Belanda, pemerintah
Belanda menjanjikan kepada rakyat Papua untuk mendirikan suatu negara (boneka)
Papua yang terlepas dari negara Republik Indonesia. Beberapa pemimpin putra
daerah yang pro-Belanda mengharapkan akan mendapatkan kedudukan yang baik dalam
negara Papua tersebut. Janji pemerintah Belanda itu tidak dapat direalisir
sebab Irian Jaya harus diserahkan kepada Indonesia melalui perjanjian New York
1962.Walaupun dalam perjanjian itu terdapat pasal tentang hak untuk menentukan
nasib sendiri, namun pelaksanaannya diserahkan kepada Indoenesia dan disaksikan
oleh pejabat PBB.Apalagi pada tahun 1965 menyatakan keluar dari PBB, sehingga
dukungan dari PBB tidak dapat diharapkan lagi.
2.
Aspek Ekonomis
Pada
tahun 1964, serta tahun-tahun 1965 dan 1966, keadaan ekonomi di Indonesia pada
umumnya sangat buruk, dan memberikan pengaruh yang sangat terasa di Irian Jaya.
Penyaluran barang-barang kebutuhan pangan dan sandang ke Irian Jaya macet dan
sering terlambat ditambah pula dengan tindakan para petugas Republik Indonesia
di Irian Jaya yang memborong barang-barang yang ada di toko dan mengirimnya ke
luar Irian Jaya untuk memperkaya diri masing-masing. Akibatnya Irian Jaya
mengalami kekurangan pangan dan sandang.Kondisi yang demikian ini tidak pernah
dialami oleh rakyat Irian Jaya pada masa penjajahan pemerintah Belanda.
3.
Aspek Psychologis
Rakyat
Irian Jaya pada umumnya berpendidikan kurang atau rendah diwilayah pesisir
pantai dan di wilayah pedalaman tidak berpendidikan, sehingga mereka kurang
berpikir secara kritis.Hal ini menyebabkan mereka mudah dipengaruhi.Mereka
lebih banyak dipengaruhi emosi daripada pikiran yang kritis dan sehat dalam
menghadapi suatu permasalahan. Bila suatu janji itu tidak ditepati maka sikap
mereka akan berubah sama sekali. Misalnya sebagai bukti dalam hal ini adalah
Mayor Tituler Lodwijk Mandatjan yang menyingkir 2 (dua) kali ke pedalaman
Manokwari tetapi kembali lagi dan mengaku taat kepada pemerintah Indonesia.
4.
Aspek Sosial
Pada
masa Belanda para pejabat pemerintah lokal di Irian Jaya pada umumnya diangkat
dari kalangan kepala suku (dibanding dengan di Jawa dimana Belanda mengangkat
pegawai dari golongan Priyayi). Kalau mereka itu memberontak maka mereka akan
mendapat dukungan dan pengaruh dari sukunya serta dalam suasana yang genting
pada kepala suku itu harus berada ditengah-tengah sukunya itu. Misalnya,
Lodwijk Mandatjan.
2.3.3
Kasus Yang Melibatkan OPM
2.3.3.1
Kasus Penembakan Brigadir Firman
Seorang anggota Brigade Mobil (Brimob) Polda Papua,
Brigadir Firman, tewas setelah diduga ditembak oleh Kelompok Kriminal
Bersenjata (KKB) di daerah Mile 69, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika,
Papua pada Rabu (15/11) sekitar pukul 3.50 WIT. Kepala Divisi Hubungan
Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto menceritakan kronologi
kejadian tersebut. Menurutnya, kejadian ini bermula dari aksi penembakan
terhadap kendaraan patroli zona Tembagapura di daerah Mile 69 yang
mengakibatkan salah satu karyawan atas nama Raden Totok Sahadewo mengalami luka
tembak di bagian paha kanan pada Selasa 14 November 2017 pukul 8.20
WIT.Kemudian, lanjutnya, Satuan Tugas Terpadu Brimob Detasemen B Polda Papua
melaksanakan patroli dan penyelidikan atas kejadian ini pada Rabu (15/11).
Namun, tidak beberapa lama setelah melakukan patroli
dan penyelidikan atas insiden terkait, aksi penembakan kembali terjadi yang
mengakibatkan seorang anggota Brimob Polda Papua tewas."Luka tembak di
bagian punggung. Jenazah (sudah) dievakuasi menuju Timika," kata Setyo dalam
keterangan tertulisnya, Rabu (15/11).Selain itu, jenderal bintang dua itu
mengatakan, satu orang anggota Brimob Polda Papua lainnya Brigadir Kepala
Yongky Rumte mengalami luka luka tembak di bagian punggung.Setyo mengatakan,
pihaknya masih melakukan penyelidikan atas peristiwa penembakan tersebut.
Aksi teror penembakan oleh KKB wilayah Tembagapura
sudah berlangsung lebih dari tiga pekan terakhir.Sebelum Firman, Anggota Brimob
Polda Papua Detasemen B Mimika, Brigadir Satu Berry Pernama Putra, juga tewas tertembak
saat mengejar kelompok kriminal bersenjata pimpinan Sabinus Waker, pada 22
Oktober. Sementara, empat rekannya mengalami luka-luka.Saat ini sekitar 1.300
warga sipil masih terjebak di kampung-kampung sekitar Tembagapura, seperti
Banti, Kimbeli, yang sudah diduduki KKB.
2.4
Landasan Hukum Integrasi Nasional
2.4.1
Nasional
Integrasi nasional secara singkat artinya adalah
penyatuan nasional di mana terjadinya peleburan suku-suku bangsa dengan
kesadaran yang penuh. Integrasi nasional tersebut bisa dalam bentuk ikatan
budaya, sosial, politik maupun ekonomi. Integrasi ekonomi dibutuhkan karena
diperlukan suatu standarisasi dagang antar daerah-daerah dan juga terbentuk
karena adanya sikap saling butuh antar satu daerah dengan daerah yang lain
untuk menetapkan suatau nilai barang. Integrasi sosial dibentuk karena adanya
rasa saking bersaudara dan memiliki. Integrasi budaya dibentuk karena adanya
ciri khas dalam setiap negara. Sedangkan integrasi politik dibentuk karena
untuk menengakkan integrasi-integrasi yang ada di masyarakat untuk menjadi satu
dan terikat kuat. Artinya dengan adanya integrasi politik mereka tersadar bahwa
mereka terikat dalam satu titik yang sama yaitu dalam undang-undang dasar 1945.
Nasional Indonesia sudah terbentuk
dan mutu integrasi nasional saat ini lebih tinggi daripada mutu integrasi
Indonesia zaman Majapahit. Hal tersebut dikarenakan pada zaman kerajaan,
kesadaran bersama dan kemauan bersama untuk bersatu belum didapati di dalamnya,
masyarakat saat itu hanya tunduk pada perintah raja dan berwujud sebagai
upeti. Berbeda dengan saat ini yang rasa kebersamaannya lahir dalam diri
sendiri dan diwujudkan dalam suatu konstitusi yakni UUD 1945.
Integrasi nasional saat ini di
Indonesia adalah integrasi nasional yang baru. Segi-segi yang menunjukkan hal
tersebut sudah cukup dikenal umum, antara lain:
1. Demokrasi pancasila mengajarkan
bahwa semua suku bangsa memiliki kerangka dasar yang sama tingginya sehingga
tidak ada suku bangsa mana pun yang dihargai lebih tinggi dari suku bangsa yang
lainnya.
2. UUD menerima mengenai hak-hak
asasi manusia yang dijelaskan dalam Piagam Deklarasi PBB sehingga tata
pergaulan sudah diatur dengan baik oleh UUD.
3. Bahasa pergaulan pada tingkat nasional adalah bahasa
Indonesia.
4. Landasan untuk berideologi, bermoral,
berbudaya berbangsa dan bernegara hanya satu yaitu Pancasila.
Dari beberapa penjelasan diatas dapat
diketahui bahwa keutuhan NKRI semakin ditekankan dalam UUD agar tercipta suatu
integrasi nasional.Selain hal tersebut, terdapat pola-pola yang selama ini
secara positif menunjang kemantapan kesadaran nasional dan kesatuan bangsa
Indoensia yaitu:
1. Program resmi P4
2. Peringatan hari sumpah pemuda
yang pernah diikrarkan tahun 1928 agar cita-cita satu bangsa dan satu tanah air
menjadi milik segenap angkatan muda
3. Perayaan hari ulang tahun
kmerdekaan RI setiap tanggal 17 Agustus di seluruh tanah air
4. Peringatan kebangkitan nasional setiap
tahun tanggal 20 Mei di seluruh nusantara
5. Bertambahnya frekuensi perkawinan
antarsuku sehingga terjadi pembauran antar pribumi
6. Kreasi baru bentuk kebudayaan
yang berdimensi nasional.
Dari hal tersebut, sebagai generasi
muda kita harusnya ikut membangun dan memperkuat integrasi nasional bangsa
Indonesia dalam berbagai bidang kehidupan. Salah satu cara yang dapat dilakukan
yaitu dengan menjalankan kehidupan sehari-hari berbangsa dan bernegara sesuai
dengan landasan Pancasila dan tidak menyimpang dalam peraturan UUD 1945 yang
telah ditetapkan pemerintah.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1 Subjek Penelitian
3.1.1
Tema
Penelitian
Tema
penelitian diambil dari sebuah kasus penembakan Brigadir Firman oleh oknum OPM sebagai bukti
konkret adanya ancaman terhadap integrasi nasional.
3.1.2
Sumber Data
Sumber
data dalam penelitian adalah subjek dari mana data dapat diperoleh, seperti
halnya peneliti melakukan penelitian dengan cara wawancara atau kuisioner dalam
mengumpulkan data, maka sumber data disebut responden.
Begitu pula jika peneliti menggunakan teknik observasi dalam penelitian itu,
maka sumber datanya bisa berupa benda, gerakan atau proses sesuatu, dan jika
peneliti menggunakan dokumentasi maka dokumen atau catatanlah yang menjadi
sumber datanya. (Suharsimi Arikunto. 2006:129)
Penelitian
penulis ditujukan kepada warga SMA Negeri 1 Pati melalui penyebaran angket dan
wawancara. Pengambilan sampel ini dilatarbelakangi oleh ukuran anggota populasi
yang sangat besar yaitu seluruh masyarakat dari berbagai kalangan umur
3.2 Setting Penelitian
3.2.1
Tempat
Penelitian
Penelitian dengan judul Menguak Kasus Penembakan Brigadir Firman
Oleh Oknum OPM Sebagai Bentuk Ancaman Terhadap Integrasi Nasional Berbasis Problem
Based Learning Dengan Metode Debat dilakukan dengan dengan kajian pustaka. Untuk
memperoleh data-data yang diperlukan dalam penelitian ini, peneliti melakukan
penelitian melalui studi tentang buku-buku literatur, majalah, dan surat
kabar/koran yang di simpan di perpustakaan SMA Negeri 1 Pati. Serta internet
sebagai media elektronik.
3.2.2
Waktu
Penelitian
Jangka
waktu yang digunakan untuk penelitian dimulai dan disetujuinya judul sampai
penyusunan makalah hasil penelitian direncanakan.
3.3 Metode Penelitian
3.3.1
Problem Based Learning
Problem based learning
berarti juga pembelajaran berbasis masalah. Kontruktivisme dalam pembelajaran
telah berkembang tidak hanya sebagai sebuah filsafat tetapi juga psikologi,
bahkan model belajar. Hal ini membawa pergeseran paradigma berfikir pendidik
tentang proses belajar dan mengajar, baik di kelas maupun di luar kelas. Salah
satu model yang dianggap mewakili proses konstruksi di kelas adalah model
pembelajaran berbasis masalah yaitu suatu model pembelajaran yang melibatkan
siswa untuk memecahkan suatu masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah sehingga
siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut
dan sekaligus memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah.
Pembelajaran
berbasis masalah merupakan suatu strategi untuk menampilkan situasi dunia nyata
yang signifikan, konstektual, memberikan sumber, bimbingan dan petunjuk pada
pembelajaran saat siswa mengembangkan isi pengetahuan dan keterampilan
memecahkan masalah. PBL melibatkan siswa bekerjasama untuk mempelajari isu
suatu masalah sambil merancang suatu pemecahan masalah yang dapat dilakukan.
Masalah yang sebenarnya dihadapi dalam dunia nyata sering menunjukkan berbagai
tujuan, konteks, isi, dan hal yang tidak semua diketahui berpengaruh pada
metode apa yang harus digunakan untuk setiap masalah.
Kelebihan Pembelajaran Berbasis Masalah
1) Menekankan
pengertian (pemahaman), bukan fakta.
2) Meningkatkan
tanggungjawab pada belajar diri sendiri.
3) Mengembangkan
pemahaman yang lebih tinggi dan keterampilan yang lebih baik.
4) Meningkatkan
keterampilan interpersonal dalam kerja kelompok.
5) Peserta
didik dapat mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan darisebuah proses
belajar dan mengaplikasikannya dalam dunia nyata.
Kelemahan Pembelajaran Berbasis Masalah
1)
Peran siswa dalam proses belajar sukar
untuk diubah, karena mereka terbiasa berorientasi pada materi pelajaran dan
mengingat fakta, sehingga kemampuan untuk mempertanyakan sesuatu menjadi
hilang.
2)
Kesulitan memunculkan masalah yang akan
dibahas dalam pembelajaran.
3)
Memerlukan waktu yang cukup lama.
4)
Penilaian hasil belajar masih sukar dan
tidak sesuai bila dilakukan dengan cara tradisional.
Langkah-langkah Pembelajaran Berbasis Masalah
1) Orientasi
siswa pada masalah, guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran dan memotivasi
siswa terlibat pada aktivitas pemecahan masalah.
2) Mengorganisasi
siswa untuk belajar, guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan
tugas belajar yang berhubungan dengan masalah pada materi yang dibahas.
3) Membimbing
pengalaman individual/ kelompok, guru mendorong siswa untuk mengumpulkan
informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan
pemecahan masalah.
4) Mengembangkan
masalah.
5) Mempresentasikan
dan menguatkan pemecahan masalah.
6) Menganalisis
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. (Sugiyono, 2013)
Menurut kemendikbud pada tahun 2013,
sintak pembelajaran Problem Based
Learning adalah sebagai berikut :
Langkah pokok
|
Kegiatan Guru
|
Tahap 1 :
Memberikan orientasi tentang
permasalahan pada peserta didik
|
Menjelaskan
tujuan pembelajaran, menjelaskan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan, dan
memotivasi peserta didik agar terlibat pada kegiatan pemecahan masalah
|
Tahap 2:
Mengorganisasi
peserta didik untuk meneliti
|
Membantu peserta didik menentukan dan mengatur tugas
belajar yang berkaitan dengan masalah yang diangkat
|
Tahap 3:
Membimbing penyelidikan peserta didik secara mandiri
maupun kelompok
|
Mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang
sesuai, melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan
masalah
|
Tahap 4:
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
|
Membantu peserta didik dalam merencanakan dan menyiapkan
karya yang sesuai, seperti laporan, video, model, dan membantu peserta didik
dalam berbagi tugas dengan temannya untuk menyampaikan kepada orang lain
|
Tahap 5:
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Membantu peserta didik melakukan refleksi dan mengadakan
evaluasi terhadap penyelidikan dan proses-proses belajar yang rnereka lakukan
|
3.3.2
Debat
Metode Debat menurut Hendrikus (2009:120),
debat pada hakikatnya merupakan saling adu argumentasi antarpribadi atau antar kelompok
manusia, dengan tujuan mencapai kemenangan untuk suatu pihak. Ketika berdebat
setiap pribadi atau kelompok mencoba untuk saling menjatuhkan agar pihaknya
berada pada posisi yang benar. Debat ini dilakukan oleh 2 kelompok yaitu
kelompok pro dan kelompok kontra. Kelompok pro adalah kelompok yang mendukung
suatu khasus dan sebaliknya kelompok kontra adalah kelompok yang menentang
khasus. Pada debat berbasisi masalah ini Para anggota kelompok debat adalah
semua siswa yang bertujuan untuk melatih berbicara di depan umum. Mereka
berdebat di depan sekelompok juri dan publikum. Metode debat kelas dibagi
menjadi kelompok pro dan kelompok kontra yang nantinya setiap kelompok harus
ditunjuk satu juru pembicara dalam mengemukakan argumen tiap-tiap kelompok. Debat
dimulai dengan memberi kesempatan kepada pembicara pertama dari salah satu
kelompok untuk merumuskan argumentasinya dengan jelas dan
teliti. Pembicara dari kelompok lain menanggapi pendapat pembicara
pertama, tetapi tidak boleh mengulangi pikiran yang sudah
disampaikan. Selanjutnya para pembicara kedua dari setiap kelompok diberi
kesempatan untuk berbicara sesuai urutan pada para pembicara
pertama.
Maksud
metode ini adalah untuk melatih siswa agar dapat mencari argumentasi dalam
menyelesaikan masalah yang sedang kontroversial dikalangan masyarakat serta
memiliki sikap demokratis dan saling menghormati terhadap perbedaan pendapat.
Dengan demikian bisa terbentuk generasi penerus yang memiliki pola pikir yang
berkembang dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.
3.4 Teknik Pengumpulan Data
3.4.1
Teknik
pengumpulan data dengan kuesioner
Angket atau kuesioner merupakan
suatu teknik pengumpulan data secara tidak langsung (peneliti tidak langsung bertanya
jawab dengan responden). Instrumen atau alat pengumpulan datanya juga disebut
angket berisi sejumlah pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab atau direspon
oleh responden (Sutopo, 2006: 82). Responden mempunyai kebebasan untuk
memberikan jawaban atau respon sesuai dengan persepsinya. Kuesioner (angket)
merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan
seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk
dijawabnya, dimana peneliti tidak langsung bertanya jawab dengan responden
(Sutopo, 2006:87). Karena angket dijawab atau diisi oleh responden dan peneliti
tidak selalu bertemu langsung dengan responden, maka dalam menyusun angket
perlu diperhatikan beberapa hal. Pertama, sebelum butir-butir pertanyaan atau
peryataan ada pengantar atau petunjuk pengisian. Kedua, butir-butir pertanyaan
dirumuskan secara jelas menggunakan kata-kata yang lazim digunakan (popular),
kalimat tidak terlalu panjang. Dan ketiga, untuk setiap pertanyaan atau
pernyataan terbuka dan berstruktur disesuaikan kolom untuk menuliskan jawaban
atau respon dari responden secukupnya.
Teknik angket adalah teknik
pengumpulan data dengan cara mengajukan daftar pertanyaan yang harus diisi oleh
responden.
Jenis – jenis angket menurut cara
penyampaiannya meliputi hal – hal berikut :
1) Angket langsung: informasi tentang
dirinya sendiri.
2) Angket tidak langsung: informasi
tentang orang lain.
Langkah penyusunan angket meliputi hal – hal berikut:
1) Menentukan variabel yang akan
dipergunakan.
2) Menentukan variabel yang dibutuhkan
setiap variabel.
3) Menentukan jawaban yang dibutuhkan
setiap variable.
4) Menentukan jenis data yang akan
dikumpulkan.
Pada penelitian ini akan digunakan
teknik kuesioner (angket) dalam pengambilan data secara tidak langsung kepada
responden.
3.4.2
Teknik pengumpulan data dengan wawancara
Teknik
wawancara adalah proses tanya jawab dalam penelitian yang berlangsung secara
lisan dalam mana dua orang atau lebih bertatap muka mendengarkan secara
langsung informasi-informasi atau keterangan-keterangan (Supardi, 2006:99).
Sedangkan pendapat lain mengatakan bahwa wawancara adalah percakapan yang
dilakukan oleh dua orang atau lebih yaitu wawancara yang akan mengajukan
pertanyaan dan orang yang akan diwawancarai yang akan memberikan jawaban atas
pertanyaan yang akan diajukan (Moleong, 2005:186).
Wawancara
yang juga dikenal dengan interview adalah pengumpulan data dengan
mengajukan pertanyaan secara langsung oleh pewawancara kepada responden dan
jawaban responden dicatat atau direkam. Selain itu wawancara juga dapat dilakukan
melalui telepon. Teknik wawancara dapat digunakan pada responden yang buta
huruf atau tidak terbiasa membaca atau menulis, termasuk anak-anak.
Wawancara
adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya
jawab, sambil bertatap muka antara si penanya atau pewawancara dengan si
penjawab atau responden dengan menggunakan alat yang dinamakan interview guide
(panduan wawancara). Wawancara dapat dilakukan dengan tatap muka maupun melalui
telpon. Wawancara harus diperoleh dalam waktu yang sangat singkat serta bahasa
yang digunakan harus jelas dan teratur. Dilihat dari prosedur wawancara, metode
wawancara dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:
1)
Wawancara bebas
Wawancara
bebas adalah proses wawancara dimana interviewer tidak secara sengaja
mengarahkan tanya jawab pada pokok-pokok persoalan dari fokus penelitian dan
interviewer orang yang diwawancari (Supardi, 2006:100).
2)
Wawancara terpimpin
Wawancara
ini juga disebut dengan interview guide. Ciri pokok wawancara terpimpin adalah
bahwa pewawancara terikat oleh suatu fungsi, bukan saja sebagai pengumpul data
tetapi relevan dengan maksud penelitian yang telah dipersiapkan, serta data
pedoman yang memimpin jalannya tanya jawab (Supardi, 2006:100).
3)
Wawancara bebas terpimpin
Wawancara
bebas terpimpin adalah kombinasi antara wawancara bebas dengan terpimpin
(Supardi, 2006:100). Jadi pewawancara hanya membuat pokok-pokok masalah yang
akan diteliti, selanjutnya dalam proses wawancara berlangsung mengikuti situasi
pewawancara harus pandai mengarahkan yang diwawancarai apabila ternyata ia
menyimpang.
Pada
penelitian ini akan digunakan teknik wawancara yang menggunakan petunjuk umum
wawancara, dimana sebelum bertemu dengan informan, peneliti akan mempersiapkan
berbagai hal yang akan ditanyakan sehingga berbagai hal yang ingin diketahui
dapat lebih terfokus.
3.5 Teknik Analisis Data
Teknik Analisis Data adalah
suatu metode atau cara untuk mengolah sebuah data menjadi informasi sehingga
karakteristik data tersebut menjadi mudah untuk dipahami dan juga bermanfaat
untuk menemukan solusi permasalahan, yang tertutama adalah masalahyang
tentang sebuah penelitian. Atau analisis data juga bisa
diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk merubah data hasil dari
sebuah penelitian menjadi informasi yang nantinya bisa dipergunakan untuk
mengambil sebuah kesimpulan.
Tujuan dari analisis data adalah untuk mendeskripsikan
sebuah data sehingga bisa di pahami, dan juga untuk membuat kesimpulan atau
menarik kesimpulan mengenai karakteristik populasi yang berdasarkan data yang
diperoleh dari sampel, yang biasanya ini dibuat dengan dasar pendugaan dan
pengujian hipotesis.
3.5.1
Teknik
analisis data kuantitatif
Menurut Sugiyono, teknik penelitian
kuantitatif juga dapat diartikan sebagai suatu metode penelitian dengan
landaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti populasi atau
sampel.
Umumnya teknik
pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak, teknik pengumpulan data
menggunakan instrumen metode penelitian kuantitatif, analisa data yang bersifat
kuantitatif atau statistik bertujuan untuk menguji hipotesis yang t ditetapkan
(Sugiyono, 2012: 7).
Metode
kuantitatif ini sering juga disebut dengan metode tradisional, positivistik,
ilmiah/scientific dan juga metode discovery. Metode penelitian kuantitatif ini
dinamakan metode tradisional, sebab metode ini sudah cukup lama dipakai
sehingga sudah dianggap sebagai metode tradisi untuk sebuah penelitian.
Teknik
ini juga disebut sebagai metode positivistik sebab juga berlandaskan kepada
filsafat positivisme. Metode atau teknik ini disebut sebagai metode
ilmiah/scientific, disebkan metode ini memilili kaidah-kaidah ilmiah yang
terpenuhi yaitu konkrit, empiris, obyektif, terukur, rasional dan sistematis.
Dalam
penelitian ini, kami menganalisis data secara kuntitatif yang mana menggunakan
sampel dari kuesioner (angket) yang telah disebarkan ke siswa-siswi SMA Negeri
1 Pati.
3.5.2
Teknik
analisis data kualitatif
Menurut Sugiyono metode penelitian
kualitatif adalah suatu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat
positivisme, yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah,
(sebagai lawannya adalah eksperimen) yang dimana peneliti merupakan sebagai
instrumen kunci, dari pengambilan sampel sumber data yang dilakukan dengan cara
purposive dan snowbaal, teknik pengumpulan trianggulasi, analisa data yang
bersifat induktif atau kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekan pada makna dari generalisasi.
Dalam
penelitian ini, kami menganalisis data secara kualitatif yang mana kami
melakukan wawancara dengan narasumber terpercaya untuk mendapatkan data secara
kualitatif.
BAB IV
HASIL PENELITIAN
4.1
Hasil Angket Kuesioner
4.1.1
Hasil Angket Pertanyaan ke-1
Kami telah menyebar 45 angket yang
ditujukan kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Pati dan masyarakat umum mengenai masalah
Panglima TNI Sebut OPM
Pelaku Penembakan Pos Brimob Tembagapura. Menurut hasil angket
yang kami bagi, telah diperoleh presentase dari pertanyaan 1 yaitu : “Setujukah anda jika kasus di atas dapat merusak integrasi nasional?”
1.1
Tabel Hasil Analisis Pertanyaan Angket ke-1
Skala
|
Siswa
|
||
<17
tahun
|
17
Tahun
|
>17
Tahun
|
|
Sangat Setuju
|
8
|
4
|
5
|
Setuju
|
12
|
4
|
10
|
Kurang Setuju
|
0
|
2
|
0
|
Tidak Setuju
|
0
|
0
|
0
|
Jumlah
|
20
|
10
|
15
|
1.1
Diagram Batang Pertanyaan Angket ke-1
Penerapan
1.2
Tabel Presentase Pertanyaan Angket ke-1
Skala
|
Presentase
|
Sangat
Setuju
|
37,8
%
|
Setuju
|
57,8
%
|
Kurang
Setuju
|
4,4
%
|
Tidak
Setuju
|
0
%
|
Jumlah
|
100
%
|
1.2
Diagram Lingkaran Presentase Pertanyaan Angket ke-1
4.1.2 Hasil
Angket Pertanyaan ke-2
Kami telah menyebar 45 angket yang ditujukan kepada
siswa-siswi SMA Negeri 1 Pati dan masyarakat umum mengenai masalah Panglima
TNI Sebut OPM Pelaku Penembakan Pos Brimob Tembagapura. Menurut hasil
angket yang kami bagi, telah diperoleh presentase dari pertanyaan 2 yaitu : “Setujukah anda jika kasus di atas dilatar belakangi oleh kecemburuan
sosial masyarakat?”
1.3
Tabel Hasil Analisis Pertanyaan Angket ke-2
Skala
|
Siswa
|
||
<
17 Tahun
|
17
Tahun
|
>
17 Tahun
|
|
Sangat
Setuju
|
4
|
2
|
2
|
Setuju
|
11
|
6
|
9
|
Kurang
Setuju
|
4
|
2
|
4
|
Tidak
Setuju
|
1
|
0
|
0
|
Jumlah
|
20
|
10
|
15
|
1.3
Diagram Batang Pertanyaan Angket ke-2
1.4
Tabel Presentase Pertanyaan Angket ke-2
Skala
|
Presentase
|
Sangat
Setuju
|
17,8
%
|
Setuju
|
57,8
%
|
Kurang
Setuju
|
22,2
%
|
Tidak
Setuju
|
2,2
%
|
Jumlah
|
100
%
|
1.4
Diagram Lingkaran Presentase Pertanyaan Angket ke-2
4.1.3 Hasil Angket Pertanyaan Kuesioner Ke-3
Kami telah menyebar 45 angket yang ditujukan kepada
siswa-siswi SMA Negeri 1 Pati dan masyarakat umum mengenai masalah Panglima
TNI Sebut OPM Pelaku Penembakan Pos Brimob Tembagapura. Menurut hasil
angket yang kami bagi, telah diperoleh presentase dari pertanyaan 3 yaitu: “Setujukah anda jika kasus OPM di atas
dijadikan sebagai isu internasional?”
1.5 Tabel Hasil Analisis Pertanyaan Angket ke-3
Skala
|
Siswa
|
||
<
17 Tahun
|
17
Tahun
|
>17
Tahun
|
|
Sangat
Setuju
|
3
|
2
|
1
|
Setuju
|
0
|
4
|
2
|
Kurang
Setuju
|
11
|
2
|
8
|
Tidak
Setuju
|
6
|
2
|
4
|
Jumlah
|
20
|
10
|
15
|
1.5
Diagram Batang Pertanyaan Angket ke-3
1.6
Tabel Presentase Pertanyaan Angket ke-3
Skala
|
Presentase
|
Sangat
Setuju
|
13,3
%
|
Setuju
|
13,3
%
|
Kurang
Setuju
|
46,7
%
|
Tidak
Setuju
|
26,7
%
|
Jumlah
|
100
%
|
1.6
Diagram Lingkaran Presentase Pertanyaan Angket ke-3
4.1.4 Hasil Angket
Pertanyaan ke-4
Kami telah menyebar 45 angket yang ditujukan kepada
siswa-siswi SMA Negeri 1 Pati dan masyarakat umum mengenai masalah Panglima
TNI Sebut OPM Pelaku Penembakan Pos Brimob Tembagapura.Menurut hasil
angket yang kami bagi, telah diperoleh presentase dari pertanyaan 4 yaitu: “Dengan adanya
kasus OPM di atas, setujukah anda jika kasus tersebut dapat menyadarkan kita
akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan dalam lingkup NKRI?”
1.7
Tabel Hasil Analisis Pertanyaan Angket ke-4
Skala
|
Siswa
|
||
<17
Tahun
|
17
Tahun
|
>
17 Tahun
|
|
Sangat
Setuju
|
10
|
6
|
9
|
Setuju
|
6
|
2
|
5
|
Kurang
Setuju
|
2
|
1
|
1
|
Tidak
Setuju
|
2
|
1
|
0
|
Jumlah
|
20
|
10
|
15
|
1.7
Diagram Batang Pertanyaan Angket ke-4
1.8
Tabel Presentase Pertanyaan Angket ke-4
Skala
|
Presentase
|
Sangat
Setuju
|
55,5
%
|
Setuju
|
28,9
%
|
Kurang
Setuju
|
8,9
%
|
Tidak
Setuju
|
6,7
%
|
Jumlah
|
100
%
|
1.8
Diagram Lingkaran Presentase Pertanyaan Angket ke-4
4.1.5 Hasil
Angket Pertanyaan ke-5
Kami telah menyebar 45 angket yang ditujukan kepada
siswa-siswi SMA Negeri 1 Pati dan masyarakat umum mengenai masalah Panglima TNI Sebut OPM
Pelaku Penembakan Pos Brimob Tembagapura. Menurut hasil angket yang kami
bagi, telah diperoleh presentase dari pertanyaan 5 yaitu: “Setujukah anda jika pemerintah sudah dapat
dikatakan optimal dalam mengatasi gerakan OPM di atas?”
1.9
Tabel Hasil Analisis Pertanyaan Angket
ke-5
Skala
|
Siswa
|
||
<
17 Tahun
|
17
Tahun
|
>
17 Tahun
|
|
Sangat
Setuju
|
1
|
0
|
1
|
Setuju
|
5
|
3
|
2
|
Kurang
Setuju
|
11
|
4
|
9
|
Tidak
Setuju
|
3
|
3
|
3
|
Jumlah
|
20
|
10
|
15
|
1.9
Diagram Batang Pertanyaan Angket ke-4
1.10
Tabel Presentase Pertanyaan Angket ke-5
Skala
|
Presentase
|
Sangat
Setuju
|
4,5
%
|
Setuju
|
22,2
%
|
Kurang
Setuju
|
53,3
%
|
Tidak
Setuju
|
20
%
|
Jumlah
|
100
%
|
1.10
Presentase Pertanyaan Angket ke-5
4.1.6 Hasil Angket Pertanyaan ke-6
Kami telah menyebar 45 angket yang ditujukan kepada
siswa-siswi SMA Negeri 1 Pati dan masyarakat umum mengenai masalah Panglima
TNI Sebut OPM Pelaku Penembakan Pos Brimob Tembagapura. Menurut hasil
angket yang kami bagi, telah diperoleh presentase dari pertanyaan 6 yaitu:
Setujukah anda, jika pembelajaran menggunakan metode Problem Based Learning
dapat mempermudah siswa dalam pembelajaran?
1.11
Tabel Hasil Analisis Pertanyaan Angket ke-6
Skala
|
Siswa
|
||
<17
Tahun
|
17
Tahun
|
>17
Tahun
|
|
Sangat
Setuju
|
6
|
2
|
6
|
Setuju
|
10
|
4
|
4
|
Kurang
Setuju
|
1
|
2
|
1
|
Tidak
Setuju
|
3
|
2
|
4
|
Jumlah
|
20
|
10
|
15
|
1.11
Diagram Batang Pertanyaan Angket ke-6
1.12
Presentase Pertanyaan Angket ke-6
Skala
|
Presentase
|
Sangat
Setuju
|
31,1%
|
Setuju
|
40
%
|
Kurang
Setuju
|
8,9
%
|
Tidak
Setuju
|
20
%
|
Jumlah
|
100
%
|
1.12
Diagram Lingkaran Presentase Pertanyaan Angket ke-6
4.2 Hasil Wawancara
Narasumber : Serka Sudiyono
Alamat : Perum Korem Demak Ijo,
Gamping, Sleman, Yogyakarta
Profesi :
-Sersan
Kepala Korem 072 Pamungkas Yogyakarta
-Kepala Museum Monumen
Diponegoro Yogyakarta
Tanggal
Wawancara : 17 Febuari 2018
Pewawancara :
"
Selamat Pagi, permisi Bapak. Kami dari siswa- siswi SMA Negeri 1 Pati ingin
memperoleh sedikit informasi dari bapak sebagai narasumber kami. Menurut
pandangan Bapak, apa yang dimaksud integrasi nasional?"
Narasumber : " Iya, selamat pagi.
Jadi menurut pandangan saya, integrasi nasional merupakan usaha serta poses
dalam menyatukan perbedaan- perbedaan yang ada mejadi sebuah keseluruhan
sehingga tercipta keserasian dan keselarasan nasional."
Pewawancara :” Lalu menurut bapak,
apa pentingnya Integrasi Nasional bagi bangsa Indonesia?”
Narasumber :”
Indonesia merupakan negara kepulauan, berdasarkan data kurang lebih terdapat
tujuh belas ribu pulau di Indonesia baik dari pulau besar hingga pulau kecil,
baik pulau yang mayoritas berpenghuni maupun pulau yang sama sekali belum
terjangkau penghuni. Dari beribu- ribu pulau, berjuta- juta penduduk akan
tercipta beraneka ragam perbedaan. Baik perbedaan berupa fisik seperti makanan
khas, seni tradisional, rumat adat dll dan juga perbedaan berupa nonfisik
seperti agama, bahasa, norma yang mana dari keduanya akan menjadi identitas
nasional bangsa Indonesia. Latar belakang demikian jika tidak didasari dengan
integrasi nasional, tidak didasari dengan rasa toleransi yang kuat yang
terpatri dalam diri manusia maka tidak akan terbentuk Negara Kesatuan Republik
Indonesia, yang ada malah terjadinya suatu perpecahan baik individu maupun
berkelompok yang berakibat pada runtuhnya integrasi nasional.”
Pewawancara :” Pertanyaan berikutnya, bagaimana pendapat bapak mengenai
penembakan anggota Brimob, Brigadir Firman oleh oknum OPM?”
Narasumber :”
Organisasi Papua Merdeka merupakan suatu Organisasi bentukan masyarakat yang
bertujuan untuk memisahkan diri dari NKRI. Gerakan ini dilaran di Indonesia dan
memicu terjadinya kemerdekaan bagi provinsi tersebut. Pada hari Rabu, 15 November
2017 pukul 3.50 WIT terjadi penembakan yang menyebabkan tewasnya Brigadir
Firman. Menurut Inspektur Jenderal Polri, Setyo Wasisto, kejadian tersebut
bermula dari aksi penembakan kendaraan patroli Tembaga Pura yang mengakibatkan
salah satu kariawan mengalami luka pada tanggal 14 November 2017. Kemudian
setelah terjadi kasus peristiwa tersebut satuan brimob Polda Papua melaksanakan
patrol dan penyelidikan atas kejadian tersebut pada tanggal 15 November 2017.
Setelah melakukan patroli dan penyelidikan aksi penembakan kembali terjadi yang
mengakibatkan salah satu anggota Brimob Polda Papua, Brigadir Firman, tewas
sedang empat lainya luka- luka. Setelah beberapa hari kepolisian meminta
bantuan dari Pasukan TNI AD untuk mengamankan wilayah tersebut. Terdapat satu
perwakilan yang merupakan oknum OPM yang mengaku melakukan penembakan
tersebut.”
Pewawancara :” Terimakasih banyak atas informasinya pak”
Narasumber :”
Iya, sama-sama.”
BAB V
PENUTUP
5.1
Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan wawancara mengenai
kasus Panglima TNI Sebut OPM sebagai pelaku penembakan pos Brimob Tembagapura
dapat disimpulkan bahwa:
1. Berdasarkan
pengisian angket kepada 40 responden, 57% menyatakan setuju dan 37% menyatakan
sangat setuju jika kasus penembakan Brigadir Firman oleh oknum OPM dapat
merusak integrasi nasioal. OPM merupakan suatu gerakan sparatisme yang
berakibat pecahnya integrasi nasional di Indonesia.
2. Berdasarkan
narasumber, Serka Sudiyono, motif penyerangan Brigadir Firman adalah untuk
memecah belah persatuan dan bentuk penyerangan pemisahan diri Papua terhadap
Negara Kestuan Republik Indonesia yang terus berangsur dari waktu ke waktu.
3. Berdasarkan
pengisian angket kepada 40 responden, 40% menyatakan setuju dan 31,1%
menyatakan sangat setuju dengan pembelajaran menggunakan metode Problem Based
Learning. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa metode pembelajaran
tersebut sangat membantu proses memahami pembelajaran dengan mudah.
1. Sebagai
generasi muda Indonesia hendaknya jangan mudah terpengaruh oleh isu- isu sosial
yang belum terbukti benar yang mana bisa menyebabkan runtuhnya integrasi
nasional bangsa Indonesia.
2. Pemerintah hendaknya lebih meningkatkan pertahanan dan keamanan
terlebih di kawasan rawan konflik seperti halnya kawasan Tembagapura, Papua.
DAFTAR PUSTAKA
Pendidikanku.org.
2017. ”Pengertian Integrasi Nasional dan Faktor-Faktornya. Jakarta:
Pendidikanku.
Karinliyana.
2016. “Integrasi Nasional”. Google: blogspot.co.id
Wikipedia.
2015. “Ancaman Militer”. Google: Wikipedia.org
Ngatiem.
2017. Organisasi Papua Merdeka 1964-1998
(Studi tentang Pembangunan Stabilitas Politik di Indonesia). Surakarta:
Universitas Sebelas Maret.
Sohuturon,
Martahan. 2017. “Kronologi Tewasnya Anggota Brimob di Tangan KKB Papua”.
Indonesia: CNN Indonesia.
Wikipedia.
2018. “Organisasi Papua Merdeka”. Google: Wikipedia.org
Ningsih,
Surya. 2014. “Model Pembelajaran Problem Based Learning”. Bondowoso: Guru SMPN
6 Bondowoso.
Wikipedia.
2018. “Project Based Learning”. Google: Wikipedia.org.
Lestari,
W. S. P. 2015. “Teknik Pengumpulan Data”. Jakarta: Wordpress.com.
Risky.
2016. “Teknik Analisis Data Kualitatif, Kuatitatif, Menurut Para Ahli
[lengkap]. Jakarta: Wordpress.com
Post a Comment for "Proposal Penelitian Menguak Kasus Penembakan Brigadir Firman Oleh Oknum Opm Sebagai Bentuk Ancaman Terhadap Integrasi Nasional"
Post a Comment